Dekranasda Kunjungi Rumah Batik di Desa Mangkol
Dekranasda Kunjungi Rumah Batik di Desa Mangkol ( Diskominfosta Bateng)

Dekranasda Mengunjungi Rumah Batik di Desa Mangkol Guna Dukung IKM Bateng

6 September 2024 11:47 WIB

SonoraBangka.id - Eva Algafry selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), bersama Wakil Ketua Dekranasda Bateng, Maya Dwie Era, kembali melanjutkan agenda kunjungannya ke beberapa tempat pembuatan batik, Kamis (05/09/2024) pagi.

Kali ini kunjungan singgah di Industri Kecil Menengah (IKM) yang merupakan binaan Dekranasda Bateng yang berada di Desa Mangkol, Kecamatan Pangkalanbaru, yakni Batik Kemuning milik Ibu Darma Wati, dan Batik Asdariya milik Ibu Astuti.

Didampingi oleh Irwandi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Bateng, Eva dan Maya terlihat menikmati silaturahminya bersama para pengrajin batik wanita yang ada di Bangka Tengah ini.

Di lokasi ini diperlihatkan bagaimana proses produksi batik ini secara langsung, baik yang  menggunakan teknik membatik colet serta tulis. Saat ini proses produksinya turut dibantu oleh siswa-siswi magang dari Sekolah Menengah Kejuruan.

Menggunakan bahan kain Primisima dan Dobby, batik-batik ini mempunyai corak yang beraneka ragam, seperti motif keramunting (kantung semar khas habitat Bangka), kepiting, hingga motif dulang khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Eva mengatakan, kunjungan ini merupakan upaya pembinaan kepada para pelaku IKM di Bangka Tengah.

"Saat ini kita sedang menghimpun dan melihat apa saja bentuk pelatihan yang dibutuhkan oleh pengrajin kita dalam mendukung kemajuan usaha batik mereka," jelas Eva.

Ia juga menyampaikan dukungannya agar usaha para pembatik ini terus berlanjut.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan para pembatik ini, semoga usahanya berkelanjutan. Dekranasda akan terus mendukung, seperti tadi, ada permintaan pelatihan untuk pewarnaan, itu usulan-usulannya akan kita tampung dan kita akan berusaha mencari pelatihan sesuai dengan keinginan mereka," pungkas Eva.

Senada dengan Eva, Maya juga menyampaikan dukungannya agar industri batik Bangka Tengah semakin berkembang.

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm