Ilustrasi mencuci wajan besi cor, menghilangkan karat pada wajan besi cor.
Ilustrasi mencuci wajan besi cor, menghilangkan karat pada wajan besi cor. ( SHUTTERSTOCK/SRIDEESTUDIO)

Hindari Sabun Cuci Piring, Berikut Cara Bersihkan Wajan Besi yang Benar

8 September 2024 06:24 WIB

SonoraBangka.id - Bahan dasar pada alat masak yang berbeda tentu punya cara tersendiri dalam segi perawatannya, terutama dari cara membersihkannya. Salah satunya yaitu alat masak berbahan besi. Jenis alat masak ini harus dibersihkan dengan cara yang benar supaya tidak rusak dan berakhir karatan.

Cara membersihkan wajan besi yang benar Dilansir dari laman Food & Wine, hal pertama yang wajib diketahui yaitu jangan membersihkan alat masak berbahan besi menggunakan mesin pencuci piring. Melainkan, bersihkan menggunakan air mengalir.

Wajan besi punya sifat antilengket alami, yang apabila semakin sering digunakan, dilapisi aneka bumbu dan dipolesi minyak, maka wajan akan semakin antilengket. Setelah wajan dipakai untuk memasak, sebaiknya hindari membersihkan wajan menggunakan produk yang menghilangkan minyak dan lemak dari permukaannya. Seperti halnya menggunakan deterjen pencuci piring ataupun sabun pencuci piring.

Namun apabila wajan sudah terlanjur dibersihkan menggunakan campuran sabun pencuci piring, segera keringkan wajan dan lapisi semua sisi wajan dengan minyak sayur.  Tidak usah terlalu banyak, cukup beberapa tetes minyak kemudian lap menggunakan tisu ke seluruh permukaan wajan. 

Setelah itu, masukkan wajan  yang sudah diminyaki ke dalam oven suhu 148 derajat Celsius selama tiga sampai empat jam. Apabila terdapat kerak bekas masakan yang menempel pada wajan besi, sebaiknya kikis sisa masakan menggunakan kain.

Cara lainnya bisa pula mendidihkan air di dalam wajan sekitar lima menit supaya kerak yang keras bisa menjadi lunak dan terangkat. Setelah itu, segera keringkan wajan menggunakan handuk atau kain bersih, lalu lapisi wajan dengan minyak sayur secara merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bersihkan Wajan Besi yang Benar, Hindari Sabun Cuci Piring", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/06/200800275/cara-bersihkan-wajan-besi-yang-benar-hindari-sabun-cuci-piring.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm