Ilustrasi penjualan mobil. ((Dok. Shutterstock) )
Ilustrasi penjualan mobil. ((Dok. Shutterstock) ) ( KOMPAS.COM)

Penjualan Mobil Tahun Ini Sulit Untuk Tembus 900.000 Unit

9 September 2024 21:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pasar kendaraan roda empat atau lebih dalam negeri belum ada tanda-tanda perbaikan. Kondisi tersebut seiring daya beli masyarakat yang terus melambat hingga memasuki semester II/2024.

Kondisi ini diperkuat dengan terjadinya penurunan jumlah penduduk kelas menengah, menuju ke garis kemiskinan selama lima tahun terakhir dari 57,33 juta orang menjadi 47,85 juta orang pada 2024 (data BPS).

Padahal, dikatakan Ahli Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu, pangsa pasar otomotif terbesar di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia, adalah pada middle-low income.

"Segala upaya sudah dilaksanakan, baik dari sisi pemerintah maupun asosiasi, tapi trennya terus turun. Tahun ini saja diprediksi bisa tembus 900.000 unit sudah hebat karena tidak ada tanda perbaikan," kata dia di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

"Kita tunggu saja sisa dua-tiga bulan ini kebijakan pemerintah seperti apa. Investor masuk atau keluar, atau diam," lanjut Yannes.

Pengamat otomotif ini lantas menyoroti beberapa elemen yang dapat dilakukan untuk keluar dari jebakan perlambatan pasar. Salah satu yang paling penting dimulainya industrialisasi.

"Sebab, sampai sekarang, ekonomi kita consumtive based, bukanlah production based, juga bukan dari industri. Jadi kita harus mulai masuk industri karena nilai tambahnya paling besar di sana," ucap Yannes.

Ia mencontohkan industrialisasi pada bahan nikel ore. Selama ini, Indonesia melakukan ekspor bahan baku mentah, tetapi ketika diolah, pendapatan dapat naik hingga 150 kali lipat.

"Nilai tambah itu hanya akan terjadi kalau ada komponen teknologi dan diindustrialisasikan. Tentu, juga harus di dalam negeri. Kalau tidak, capital fly terus, duitnya lari ke luar negeri terus," kata Yannes.

"Di samping itu, jangan sampai industri komponen juga lemah. Dalam artian, jangan produksi kendaraan menggunakan komponen impor semua, hanya rakit di sini. Kalau begitu, ketika penjualan naik, income-nya kabur semua dan kita tidak dapat apa-apa," lanjut dia.

Maka, dalam jangka panjang, langkah strategis ini juga bisa mengeluarkan sektor otomotif Indonesia dari jebakan 'one million trap' yang sudah terjadi selama satu dekade terakhir.

Untuk diketahui, berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil secara wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler selama Januari-Juli 2024 mencapai 484.235 unit, turun 17,5 persen dari periode sama tahun lalu yang mencapai 586.931 unit.

Sementara penjualan retail juga turun 12,2 persen pada kurun waktu sama, dari 578.891 unit menjadi 508.050 unit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjualan Mobil Tahun Ini Sulit Tembus 900.000 Unit", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/09/070200315/penjualan-mobil-tahun-ini-sulit-tembus-900000-unit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm