Apakah minum kunyit setiap hari itu baik?
Apakah minum kunyit setiap hari itu baik? ( Shutterstock/udra11)

Bantu Atasi Radang Penyebab Sakit, Berikut 5 Minuman Antiinflamasi

12 September 2024 06:43 WIB

SonoraBangka.id - Radang pada tubuh, seperti radang tenggorokan, bisa jadi sebab seseorang jatuh sakit. Agar lekas sembuh, Anda bisa mengonsumsi minuman yang bersifat antiinflamasi atau antiperadangan. Terdapat beberapa jenis minuman antiinflamasi yang bisa kamu coba, dilansir dari realsimple.com pada, Senin (09/09/2024) Simak 5 minuman antiinflamasi yang bisa kamu coba dirumah berikut ini.

1. Air putih

Menurut Arthritis Foundation, hanya satu minuman yang benar-benar anti-inflamasi yaitu air mineral yang baik. Air mineral dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi, membantu membuang racun dan melumasi sendi, sehingga dapat membantu untuk mengurangi peradangan. Air mineral juga sangat mudah untuk di minum, kamu hanya perlu rutin meminum nya minimal 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Teh Hijau

Pakar nutrisi, Ben Carvosso mengatakan, teh hijau harusnya menjadi salah satu minuman paling terkenal untuk mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki tingkat peradangan lebih rendah. Anda dapat meminum teh hijau dengan mudah. Cukup celupkan kantung teh hijau ke dalam air panas, lalu didiamkan sejenak sebelum diminum. Meski begitu, jangan menambah gula pada teh hijau untuk menurunkan kemungkinan peradangan kronis.

3. Jus Delima

Minuman antiinflamasi selanjutnya adalah jus delima karena juga mengandung zat antioksidan. “Antioksidan membantu melawan stres oksidatif, mengurangi peradangan dalam tubuh,” kata Carvosso. Jus delima juga mengandung senyawa tanaman punicalagin. Penelitian menunjukkan bahwa punicalagin ditemukan pada buah, daun, dan kulit buah delima memiliki sifat antiinflamasi. Jika kamu tidak menyukai buah delima, terdapat minuman lain yang mengandung antioksidan termasuk jus anggur dan anggur merah. 

4. Minuman Kunyit

Kunyit ternyata tidak hanya sebagai bahan bumbu masakan saja, kunyit dapat dijadikan juga minuman antiinflamasi. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa tanaman lain yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi peradangan. Kamu dapat membuat minuman antiinflamasi kunyit ini dengan mudah dirumah, dengan merebus kunyit yang sudah diparut atau sudah menjadi bubuk kemudian jika ingin tambahkan pemanis seperti madu, dan mimuman ini dapat disajikan.

5. Teh Jahe

Jika kamu tidak suka teh hijau tetapi masih mencari minuman dengan khasiat antiinflamasi, teh jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Lihat Foto Penyakit yang disembuhkan dari air rebusan jahe dan kunyit.(Shutterstock/ukrit yasuwan) Ditemukan dalam jahe segar, gingerol adalah senyawa tanaman  yang menurut penelitian dapat meredakan peradangan dan memberikan sensasi hangat pada tubuh saat di minum. “Teh jahe mudah dibuat di rumah dan merupakan minuman penghangat untuk musim dingin,” kata Carvosso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Minuman Antiinflamasi, Bantu Atasi Radang Penyebab Sakit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/10/093100475/5-minuman-antiinflamasi-bantu-atasi-radang-penyebab-sakit?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm