Ilustrasi es krim. Penderita diabetes harus bijak dalam memilih es krim yang ingin dinikmati. Apa es krim yang boleh untuk penderita diabetes?
Ilustrasi es krim. Penderita diabetes harus bijak dalam memilih es krim yang ingin dinikmati. Apa es krim yang boleh untuk penderita diabetes? ( SHUTTERSTOCK/Oksana Mizina)

Berikuti ini 4 Cara Bikin Es Krim Rumahan Tanpa Mesin Es Krim

12 September 2024 06:50 WIB

SonoraBangka.id -  Tidak perlu punya mesin es krim dulu untuk membuat es krim di rumah. Kamu juga bisa membuat es krim rumahan menggunakan alat yang ada. Memang butuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat es krim secara manual di rumah. Meskipun begitu, proses yang panjang dan teknik yang benar akan menghasilkan semangkuk es krim lembut untuk stok di rumah. Bila punya waktu luang dan tertarik membuat es krim di rumah, ikuti panduannya dilansir dari laman Taste.com berikut. 

1. Panaskan susu dan krim

Pada tahap pertama, masukkan loyang logam berkapasias 1,25 liter ke dalam freezer, sementara itu masukan susu, biji vanili, dan krim ke dalam panci. Panaskan campuran susu hingga mendidih lalu diamkan selama lima menit. Apabila sudah agak dingin, angkat biji vanili dari susu. 

2. Kocok kuning telur dan gula

Di mangkuk terpisah, kocok kuning telur dan gula hingga kental dan pucat. Setelah itu aduk dengan campuran krim. Krim dari campuran kuning telur dan gula ini akan memerangkap udara ke dalam campuran bahan sehingga tekstur es krim akan ringan.

3. Masak puding

Tuang bahan ke dalam panci bersih lalu masak menggunakan api kecil sembari diaduk menggunakan sendok kayu selama 20 menit, atau sampai adonan melapisi bagian belakang sendok kayu. Setelah itu pindahkan campuran krim ke dalam mangkuk tahan panas, lalu tutup permukaan mangkuk dengan plastik pembungkus. Diamkan selama 30 menit hingga dingin di suhu ruang, kemudian simpan di dalam lemari es selama dua jam.

4. Bekukan es krim

Tuang krim ke dalam loyang logam yang sebelumnya sudah didinginkan, kemudian tutup loyang dengan aluminium foil dan biarkan dingin di dalam freezer selama enam jam. Setelah beku, pindahkan es krim ke dalam mangkuk besar menggunakan sendok, lalu kocok es krim menggunakan mesin pengocok listrik selama tiga menit atau sampai es krim lembut. Masukkan kembali es krim ke dalam loyang logam, tutup menggunakan aluminium foil, dan bekukan selama empat jam atau sampai es krim mengeras.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bikin Es Krim Rumahan Tanpa Mesin Es Krim, Pemula Bisa Coba", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/11/120500575/4-cara-bikin-es-krim-rumahan-tanpa-mesin-es-krim-pemula-bisa-coba?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm