ilustrasi roti brioche
ilustrasi roti brioche ( Dok.Shutterstock/Marcelo_Krelling)

Berikut 3 Cara Membuat Roti Tanpa Ragi agar Tetap Mengembang

12 September 2024 07:03 WIB

SonoraBangka.id - Membuat roti di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama ketika kita berhasil membuat roti yang empuk dan mengembang sempurna. Namun, bagaimana jika persediaan ragi Anda habis atau ragi yang ada sudah kedaluwarsa? Jangan khawatir! Kamu masih bisa membuat roti lezat tanpa ragi dengan beberapa cara alternatif. Berikut adalah tiga metode yang dapat dicoba untuk membuat roti tanpa ragi namun tetap mengembang, dilansir dari laman Delish.

1. Membuat Roti dengan Starter Sourdough

Salah satu cara paling klasik dan alami untuk membuat roti tanpa ragi adalah dengan menggunakan starter sourdough. Metode ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk menumbuhkan bakteri dan ragi alami dari tepung dan air, yang akan membantu adonan roti mengembang secara alami. Walaupun prosesnya memerlukan kesabaran, hasilnya adalah roti dengan tekstur chewy dan rasa yang khas. Jika kamu tertarik mencoba metode ini, carilah resep starter sourdough yang mudah diikuti untuk memulai perjalanan membuat roti tanpa ragi. 

2. Memanfaatkan Bahan Pengembang Kimia

Jika kamu ingin cara yang lebih cepat, roti cepat (quick bread) adalah pilihan yang tepat. Roti cepat menggunakan bahan pengembang kimia seperti baking powder atau baking soda sebagai pengganti ragi.  Jenis roti ini tidak memerlukan waktu lama untuk fermentasi atau mengembang, sehingga kamu bisa langsung memanggang adonan setelah dicampur. Contoh roti cepat yang populer adalah roti pisang dan roti labu. Untuk roti yang lebih gurih dan cocok untuk sandwich, kamu bisa mencoba membuat roti muffin Inggris dengan keju cheddar dan daun bawang.

3. Eksplorasi Jenis Roti dari Berbagai Belahan Dunia

Roti tidak selalu membutuhkan ragi sebagai bahan pengembang. Banyak resep roti tradisional dari berbagai negara yang tidak menggunakan ragi, seperti soda bread dari Irlandia, lavash dari Armenia, chapati dan papadum dari India, serta roti bir.  Jenis-jenis roti ini menggunakan bahan lain seperti soda kue atau bahkan bir untuk mengembangkan adonan. Cobalah salah satu dari resep-resep ini untuk menikmati roti yang nikmat dan tetap segar tanpa perlu khawatir kehabisan ragi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Roti Tanpa Ragi agar Tetap Mengembang, Mudah untuk Pemula", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/08/130100475/3-cara-membuat-roti-tanpa-ragi-agar-tetap-mengembang-mudah-untuk-pemula.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm