Ilustrasi tikus.(Shutterstock/torook)
Ilustrasi tikus.(Shutterstock/torook) ( KOMPAS.COM)

6 Untuk Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dan Tanda Kehadirannya

16 September 2024 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tidak ada yang lebih buruk daripada kehadiran tikus di rumah. Tikus tidak cuma berlarian di atap rumah, tapi juga merayap ke seluruh bagian rumah, mengotori hunian, serta membuat kerusakan. 

Tikus ada menggerogoti setiap barang dan permukaan kayu. Meski berbadan kecil, tikus sangat kuat. Tikus bisa masuk melalui celah terkecil, kemudian membangun sarang di tempat yang tidak bisa Anda lihat, dan berlarian di tengah malam.

Tapi, bukan berarti Anda harus menerima begitu saja kehadiran tikus. Perlu segera mengambil tindah membasmi dan mengusir tikus dari rumah. 

Tanda adanya tikus di rumah

Adam Juson, ahli hama dan salah satu pendiri perusahaan pengendalian hama komersial, Merlin Environmental, mengatakan salah satu alasan utama tikus masuk ke rumah karena mencari makanan, tempat berlindung, dan kehangatan, terutama pada bulan-bulan yang lebih dingin. 

Untungnya, ada banyak cara mengusir tikus dari rumah. Namun, sebelum melakukannnya, Anda harus yakin bahwa rumah memiliki tikus.

Ada sejumlah tanda adanya tikus di rumah. Pertama, melihat kotoran tikus. “Kotoran ini kecil, berwarna gelap seperti pelet kecil. Kotoran tikus juga berpotensi menyebarkan penyakit, jadi penting membersihkannya segera setelah melihatnya," ucap Adams. 

Kedua, mendengar suara hewan berlarian. Biasanya, suara tikus ini terjadi pada malam hari serta terdengar dari plafon, dinding, dan ruang bawah tanah. 

Ketiga, tanda adanya tikus di rumah melihat bekas gigitan pada kemasan makanan, kabel, dan furnitur. Tikus sering kali menggerogoti benda-benda tersebut.

Terakhir, menemukan sarang tikus. Tikus suka merasa nyaman, itulah sebabnya membuat sarang dari bahan yang lembut, seperti potongan kain, sobekan kardus, atau kertas. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm