Ilustrasi teflon tergores.
Ilustrasi teflon tergores. ( SHUTTERSTOCK/Maliflower73)

Jangan Pakai Spatula Stainless, Berikut 5 Tips Teflon Aman dari Goresan

17 September 2024 06:28 WIB

SonoraBangka.id - Teflon merupakan wajan yang sering ditemui di dapur, karena memudahkan memasak. Teflon bagus digunakan untuk membuat telur dadar, dan pancake, terdapat lapisan antilengket sehingga tidak perlu minyak. Sayangnya teflon lebih mudah rusak daripada wajan lain berbahan besi atau stainless steel. Teflon mudah tergores jika tidak tepat memilih spatulanya. Simak tips teflon aman dari goresan berikut, dikutip dari laman Food Ndtv.  Baca juga: 4 Tips Mengolah dan Simpan Ceker Ayam, Bisa Tahan 1 Bulan

1. Api yang tidak besar

Saat menggunakan teflon pastikan tidak memakai api yang besar, tetap pada api sedang atau kecil untuk menjaga lapisan pada teflon dalam kondisi murni. 

2. Pakai spon yang lembut

Ketika mencuci telfon antilengket pastikan menggunakan spon bagian lembut, karena alat cuci yang kasar akan membuat lapisan antilengket mengelupas. Baca juga: 4 Tips Simpan Telur di Dalam Kulkas, Ketahui Posisi yang Benar

3. Menjaga permukaan wajan antilengket

Pada lemari dapur dengan panci yang berdesak-desakan, saat menyimpan wajan antilengket di antara panci tersebut, sebaiknya beri permukaan teflon dengan tisu dapur atau serbet. Hal ini untuk menghindari permukaan teflon tergores panci atau wajan lain. Baca juga: 3 Tips Simpan Es Krim di Rumah, Jangan Asal Dingin

4. Spatula silikon dan kayu

Menyelamatkan lapisan antilengket juga perlu memakai spatula atau sendok yang tepat. Sisihkan spatula dan sendok berbahan stainless steel serta logam. Bahan tersebut dapat merusak lapisan teflon, sebagai gantinya gunakan peralatan dapur berbahan silikon dan kayu. 

5. Hati-hati saat mencuci

Setelah memasak dengan teflon jangan buru-buru untuk mencucinya. Biarkan sejenak sampai dingin suhu ruang. Proses mencuci akan lebih mudah dengan spon lembut agar tidak tergores lapisan antilengketnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Teflon Aman dari Goresan, Jangan Pakai Spatula Stainless", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/15/070500975/5-tips-teflon-aman-dari-goresan-jangan-pakai-spatula-stainless.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm