Rem yang bunyi bisa jadi merupakan indikasi adanya masalah.(Astra Motor)
Rem yang bunyi bisa jadi merupakan indikasi adanya masalah.(Astra Motor) ( KOMPAS.COM)

Kebiasaan Untuk Pengereman yang Harus Dihindari Pengendara Motor

17 September 2024 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Banyak pengendara yang belum menyadari risiko dari kebiasaan menekan rem secara keras dan terus-menerus saat berkendara. Kondisi ini kerap terjadi, terutama ketika pengemudi melintasi turunan panjang atau menghadapi situasi lalu lintas padat.

Kebiasaan tersebut tidak cuma berdampak pada kinerja sistem rem, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan.

Tekanan yang berlebihan pada rem, terutama tanpa memberikan jeda yang cukup, dapat menyebabkan overheating.

Ketika suhu komponen rem meningkat, kinerjanya akan menurun drastis, dan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kegagalan rem total.

Padahal, kegagalan sistem pengereman bisa berakibat fatal, terutama pada kecepatan tinggi atau di jalanan menurun.

Victor Assani, Ketua Bidang Road Safety and Motorsport Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menekankan pentingnya memperbaiki teknik pengereman untuk menghindari masalah ini.

"Menekan rem secara terus-menerus, apalagi dengan tekanan kuat, berisiko merusak komponen seperti cakram dan kampas rem. Hal ini bisa memperpendek usia komponen dan menurunkan efektivitas pengereman," jelas Victor.

Untuk menghindari risiko tersebut, Victor menyarankan agar pengendara mengombinasikan penggunaan rem depan dan belakang secara seimbang.

“Pengendara sering kali hanya mengandalkan rem depan atau belakang saja, padahal keduanya perlu digunakan bersamaan untuk menjaga stabilitas dan memperpanjang usia rem,” tambahnya.

Selain itu, Victor juga merekomendasikan pengendara untuk berhenti sejenak setelah melewati turunan panjang.

"Beristirahat selama 3 hingga 5 menit memberi waktu bagi sistem rem untuk mendingin, sehingga mencegah overheating dan kegagalan rem," ujarnya.

Dengan menerapkan teknik pengereman yang tepat, tidak hanya kinerja sistem rem yang lebih terjaga, tetapi juga keselamatan pengendara di jalan dapat ditingkatkan.

"Selalu periksa kondisi rem secara berkala dan pastikan pengendalian kendaraan dilakukan dengan bijak, terutama di jalan yang menantang," tutup Victor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Pengereman yang Harus Dihindari Pengendara Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/124200015/kebiasaan-pengereman-yang-harus-dihindari-pengendara-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm