Test drive BYD M6(BYD Indonesia)
Test drive BYD M6(BYD Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Trik Lolos Tanjakan memakai Mobil Listrik Modal Transmisi D

21 September 2024 18:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik disebut punya torsi besar ketimbang mobil bahan bakar konvensional. Torsi yang besar tersebut dipercaya jadi keunggulan saat mobil melewati tanjakan.

Saat ini mobil listrik cukup beragam dan mayoritas pakai transmisi otomatik. Menariknya untuk mode maju beberapa mobil listrik cuma mengandalkan D tidak ada pilihan gigi rendah seperti D1, D2, atau L.

Seperti contoh BYD M6, mobil multi purpose vehicle (MPV) tujuh penumpang ini tidak punya mode L atau D2. Pun demikian dengan Wuling Air EV dan Neta VII yang hanya dibekali mode D.

Sony Susmana, pendiri Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, mobil listrik berbeda dengan mobil konvensinonal sehingga cara mengemudi juga perlu diperhatikan.

“Mobil listrik ini kan beda dengan mobil konvensional. Untuk melewati tanjakan sebetulnya tidak ada masalah karena punya torsi yang besar, tapi tetap ada yang harus diperhatikan,” ujar Sony kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Sony mengatakan, untuk memaksimalkan torsi mobil listrik saat di tanjakan maka pengemudi mesti paham mengenai momentum dan jangan ragu untuk injak pedal gas.

Selanjutnya pastikan beban mobil tidak terlalu penuh. Sebab bukan hanya mobil listrik, mobil konvensional bahan bakar minyak juga pasti kesulitan bila bobot terlalu berat.

"Momentum di awal penting untuk memaksimalkan tenaga. Pedal gas ditekan secara maksimal. Kemudian hindari beban berlebih," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Lolos Tanjakan Pakai Mobil Listrik Modal Transmisi D", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/21/094200315/trik-lolos-tanjakan-pakai-mobil-listrik-modal-transmisi-d.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm