Polytron Fox R(KOMPAS.com/SENDY)
Polytron Fox R(KOMPAS.com/SENDY) ( KOMPAS.COM)

Polytron Klaim Sistem Untuk Sewa Baterai Motor Listrik Lebih Menguntungkan

23 September 2024 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dari beragam merek roda dua, Polytron jadi merek motor listrik pertama yang menawarkan sistem sewa baterai bagi konsumen Tanah Air.

Sistem langganan ini diklaim lebih menguntungkan karena membuat konsumen terbebas dari keharusan membeli baterai saat performanya mengalami penurunan.

Tekno Wibowo, Direktur Komersial Polytron, mengatakan, pihaknya optimistis sistem sewa baterai diterima oleh konsumen.

“Karena jauh lebih murah, misalkan sebulan bayar Rp 200.000, setahun Rp 2,4 juta. Kalau motor saya hitung 5 tahun, saya kan cuma bayar Rp 12 juta, dapat baterai yang secara kualitas maupun performa terjaga,” ujar Tekno saat ditemui Kompas.com di Jakarta (18/9/2024).

“Kalau mesti beli harganya kan Rp 17,5 juta. Kalau beli itu, kalau ada apa-apa gimana? Misal rusak, seperti beli handphone, kalau (dipakai) sudah lama pasti sudah cari colokan (karena baterai habis),” kata dia.

Menurutnya, penurunan performa baterai bakal memengaruhi harga jual motor listrik. Sementara ketika menggunakan sistem sewa baterai, performa baterai terjaga, serta ujung-ujungnya bikin harga jual bertahan.

“Kalau sekarang konsumen hanya beli motornya sehingga risiko mereka di baterai sudah tidak ada,” ucap Tekno.

Ia mengeklaim, saat ini konsumen yang melakukan sewa baterai berjumlah 2.000 unit, dari total sekitar 20.000 unit motor listrik yang terjual.

“Tetap dilayani (sistem beli putus), kami berikan pilihan buat konsumen. Yang kejadian adalah sering lupa untuk membayar, karena tiap bulan kan harus bayar. Kami terus meningkatkan sistem kami supaya bisa memenuhi kebutuhan penyewa baterai,” kata Tekno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polytron Klaim Sistem Sewa Baterai Motor Listrik Lebih Menguntungkan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/23/070200515/polytron-klaim-sistem-sewa-baterai-motor-listrik-lebih-menguntungkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.