Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (KPU Bateng) menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih pemula bagi pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Kecamatan Simpang Katis, Jumat (27/09/2024).
Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (KPU Bateng) menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih pemula bagi pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Kecamatan Simpang Katis, Jumat (27/09/2024). ( Diskominfosta Bangka Tengah/Pokja KPU Bangka Tengah)

Demi Sukseskan Pilkada 2024, KPU Bangka Tengah Ajak Pemilih Pemula di Simpang Katis

28 September 2024 07:15 WIB

SonoraBangka.id - Untuk menyambut pilkada serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (KPU Bateng) menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih pemula bagi pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Kecamatan Simpang Katis, Jumat (27/09/2024).

Sosialisasi yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Simpang Katis ini dihadiri 40 peserta yang terdiri dari perwakilan pelajar SMK Negeri 1 Simpang Katis, SMA Negeri 1 Simpang Katis, dan Pesantren Hidayatullah. Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber yakni Hendra Sinaga, S.E., M.A.P. yang merupakan Dosen Luar Biasa di Universitas Bangka Belitung dan anggota Komisioner KPU Bateng periode 2018-2023.

Ketua KPU Bateng, Supendi Saputra didampingi Komisioner KPU Bateng mengungkapkan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yakni meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengoptimalkan sosialisasi kepada pemilih pemula di Kabupaten Bateng terkait dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 di Kecamatan Simpang Katis.

"Hari ini kita melaksanakan sosialisasi untuk Gen Z atau pemilih pemula karena jika diperhatikan rata-rata pemilih pemula di Kabupaten Bangka Tengah sangat tinggi kurang lebih hampir 40% dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang kita tetapkan kemarin," ungkap Supendi.

Ia juga mengatakan bagi pemilih pemula yang masih bingung dengan Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati (Cabup dan Cawabup) Bateng dapat melihat media sosial KPU Bangka Tengah agar bisa mengetahui CV, visi, serta misi.

"Bagi pemilih pemula yang akan berpartisipasi dalam pilkada serentak nantinya harus profiling atau melihat profil calon-calon tersebut sehingga bisa mengetahui dan memahami apa yang diperjuangkan untuk Kabupaten Bangka Tengah dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tuturnya.

Supendi pun berpesan agar pemilih pemula dapat menyampaikan hal-hal positif dan baik terkait pilkada Bateng kepada masyarakat. Tak lupa, ia juga mengajak pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pilkada di 27 November 2024.

"Kita harapkan pemilih pemula dapat juga berpartisipasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya nanti. Ayo kita datang ke TPS untuk menggunakan hak kita untuk kepentingan masyarakat Bangka Tengah," ajak Supendi.

Nurma Firanti (16), siswi SMK 1 Simpang Katis mengatakan bahwa dirinya belum pernah berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam pemilu maupun pilkada sebelumnya dikarenakan umur yang belum mencukupi.

"Tetapi nanti pilkada di November ini umur sudah mencukupi untuk menggunakan hak pilih. Kemudian dengan adanya sosialisasi dari KPU Bangka Tengah ini saya sebagai pemilih pemula merasa senang karena mendapat banyak sekali manfaat dari sosialisasi ini, misalnya bagaimana kita mengetahui visi dan misi para calon hingga mengatasi isu-isu yang berkembang di dunia media sosial," tutur Nurma.

Nurma juga mengajak teman yang seusia dengannya untuk aktif menggunakan hak pilih dan tidak golput.

"Untuk teman-teman pemilih pemula yang belum pernah maupun yang sudah pernah, jadilah pemilih pemula yang baik, jujur dan anti golput pastinya. Ayo kita sukseskan pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang," lanjutnya.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/kpu-bangka-tengah-ajak-pemilih-pemula-di-simpang-katis-sukseskan-pilkada-2024

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm