Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik. (SHUTTERSTOCK/MIKE FLIPPO)
Ilustrasi mobil listrik, kendaraan listrik. (SHUTTERSTOCK/MIKE FLIPPO) ( KOMPAS.COM)

Uni Eropa Sepakat Untuk Naikkan Tarif Impor Mobil Listrik China 45 Persen

5 Oktober 2024 15:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Uni Eropa (EU) sepakat berlakukan tarif definitif hingga 45 persen untuk mobil listrik atau electric vehicle (EV) impor dari China pada Jumat (4/10/2024).

Keputusan tersebut diperoleh setelah dilakukannya pemungutan suara tertutup. Di mana, 10 anggota EU mendukung atas pengenaan tarif dan lima lainnya menolak. Negara yang menyatakan abstain ada 12.

Dengan begitu kebijakan tarif siap diterapkan mulai November 2024 mendatang dan berlaku selama lima tahun ke depan.

Dikutip Reuters, Perancis, Yunani, Italia dan Polandia memberikan suara mendukung. Upaya mereka cukup untuk melawan sejumlah negara yang menentang tarif.

Sementara salah satu negara yang menentang pemberlakuan tarif ini, secara mengejutkan datang dari Jerman. Mereka juga abstain dalam pemungutan suara pertama pada bulan Juli lalu.

Dengan mayoritas negara yang menyatakan setuju maka Eropa dapat mengimplementasikan kebijakan tersebut. Tapi, mereka juga dapat mengajukan proposal perubahan jika mendapatkan dukungan yang lebih besar.

Meskipun langkah ini dimaksudkan untuk melindungi produsen lokal, banyak yang khawatir bahwa pajak tersebut dapat meningkatkan harga kendaraan listrik bagi konsumen.

Keputusan ini memecah pendapat negara anggota UE, seperti Prancis dan Jerman, dan berisiko memicu perang dagang antara Brussels dan Beijing, yang telah mengecam pajak tersebut sebagai tindakan proteksionis.

Kekhawatiran Uni Eropa terhadap mobil listrik dari China bermula dari beberapa faktor penting, seperti peningkatan pesat produksi dan ekspor mobil listrik oleh perusahaan-perusahaan China seperti BYD dan NIO.

Mobil-mobil ini sering kali ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan produsen Eropa, yang mengancam pangsa pasar mereka.

Kekhawatiran mengenai praktik subsidi yang mungkin diberikan oleh pemerintah China kepada produsen mobil listrik sehingga membuat harganya lebih kompetitif juga menjadi konsen tersendiri. EU khawatir hal ini dapat merusak persaingan yang adil di pasar otomotif dan mempengaruhi industri lokal.

Data menunjukkan bahwa pada bulan Agustus tahun ini, pendaftaran mobil listrik baterai di EU turun 43,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagai respons, Uni Eropa mulai menerapkan tarif tinggi untuk mobil listrik asal China untuk melindungi produsen lokal dan memastikan persaingan yang sehat. Hal ini dilakukan atas dasar keinginan menjaga daya saing industri otomotif Eropa, sekaligus mendukung transisi menuju kendaraan yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan pekerjaan dan inovasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uni Eropa Sepakat Naikkan Tarif Impor Mobil Listrik China 45 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/074200715/uni-eropa-sepakat-naikkan-tarif-impor-mobil-listrik-china-45-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm