Ilustrasi mobil bekas.(showroom al fatih)
Ilustrasi mobil bekas.(showroom al fatih) ( KOMPAS.COM)

Perbedaan Untuk Pembeli Mobil Bekas Online dan Konvensional

5 Oktober 2024 15:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi mengubah cara hidup manusia. Salah satunya yaitu kecanggihan internet yang saat ini memungkinkan transaksi jual beli mobil bekas (mobkas) online.

Saat ini banyak situs jual-beli mobkas di internet. Salah satu yang paling besar ialah OLXmobbi (Online Exchange) yang berdiri sejak 2010 dan kini sudah tergabung di bawah naungan Grup Astra (ASII).

Rama dari showroom mobil bekas Rama Dagang Mobil (RDM), mengatakan, meski saat ini menjamur situs jual beli mobkas tidak akan menggerus pasar para pedagang mobkas konvensional.

"Kalau situs seperti itu menurut saya tidak berbagi pasar dengan saya. Tidak bersinggungan," kata Rama kepada Kompas.com, Jumat (4/10/2024).

Pria yang lama menjadi wiraniaga mobil baru merek Jepang tersebut mengatakan, salah satu ciri khas orang mencari mobil bekas ialah lewat kenalan. Hal itu yang tidak atau belum digaet oleh situs mobkas saat ini.

"Dia itu besar tapi orang itu kalau mau beli mobil seken misalkan dia kenal atau tidak. Kebanyakan sih gitu ya," kata Rama.

"Sebab mobil seken itu pemilik harus siap sesuatu yang tidak diduga. Namanya juga bekas beda dengan baru. Kalau orang sampai beli di OLX itu seperti tidak punya kenalan," ujarnya.

Rama menjelaskan, membeli mobkas pada dasarnya sama seperti membeli mobil baru. Bahkan sebetulnya calon konsumen bakal lebih selektif sebab akan menyesuaikan kantung.

"Walaupun dari temen ke teman, atau saudara ke saudara saya tidak kenal, minimal nongkrong pasti bertanya punya tidak kenalan showroom, kebanyakan kalau seken gitu," ujar Rama.

"Dia (calon konsumen mobkas) itu dari referensi, jadi ada yang bisa dipegang. Kalau beli di situs mobkas itu super random, orangnya digital banget," katanya.

Sebab kata Rama, jika orang beli mobil baru online hal itu wajar sebab keadaan mobil baru pasti sama. Namun jika mobkas perlu ketelitian agar tidak menyesal di kemudian hari.

"Kalau mobil baru online kan sama semua ya, tapi kalau seken nanti kecele sedikit-sedikit kasian," ujar Rama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Pembeli Mobil Bekas Online dan Konvensional", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/082200815/perbedaan-pembeli-mobil-bekas-online-dan-konvensional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm