Ilustrasi apel.
Ilustrasi apel. ( PIXABAY/LEOPICTURES)

Bisa untuk Jaga Gula Darah, Berikut 5 Makanan yang Aman bagi Penderita Diabetes

6 Oktober 2024 06:16 WIB

SonoraBangka.id - Bagi pengidap diabetes, makanan dan minuman yang diserap tubuh secara perlahan dinilai lebih baik karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah. Maka dari itu, penting bagi pengidap diabetes untuk memilah jenis santapan supaya tetap aman bagi tubuh. Dilansir dari laman Medical News Today, makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah dapat membantu orang dalam menurunkan atau mengelola kadar gula darah. Lantas apa saja makanan yang aman dikonsumsi pengidap diabetes untuk menjaga gula darah? Makanan Pengganti Nasi Putih yang Baik untuk Pengidap Diabetes Makanan aman untuk pengidap diabetes

1. Roti Gandum

Sebagian jenis roti yang ada di pasaran memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga dapat menyebaban lonjakan kadar gula darah. Maka dari itu penting untuk mempertimbangkan jenis roti yang dikonsumsi. Adapun beberapa jenis roti yang aman dikonsumsi yakni roti gandum utuh, roti gandum hitam, dan roti dari biji-bijian yang proses penggilingannya kasar. Sedangkan jenis roti yang sebaiknya dihindari yaitu roti putih, roti yang dibuat dari biji-bijian olahan atau biji yang digiling halus, roti dengan tambahan gula, maupun roti panggang kismis. 

2. Buah 

Kecuali nanas dan melon, sebagian besar buah segar mengandung banyak air dan serat untuk menyeimbangkan fruktosa sebagai gula alami.  Namun, apabila buah diolah menjadi jus, kadar gulanya meningkat, sebab kulit dan biji yang mengandung serat tidak ikut diolah. Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat masih segar yakni: apel, aprikot, alpukat, blackberry, blueberry, anggur, persik, plum dan stroberi. Sedangkan jenis buah yang perlu dibatasi porsinya yakni semangka, nanas, buah kering, pisang yang terlalu matang, dan kurma. Baca juga: Bahaya Konsumsi Gula Berlebih, Diabetes hingga Depresi

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber serat, kalium, zink, vitamin A dan C yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu, olahan ubi jalar yang direkomendasikan yaitu ubi yang diolah manual. Sebaliknya, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi ubi jalar dari produk makanan cepat saji, misalnya ubi goreng ataupun ubi tumbuk. 

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Kacang-kacangan termasuk makanan yang kaya akan serat dan kadar gulanya rendah. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati dan asam lemak tak jenuh. Jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi bagi yang sedang menjaga kadar gula darah, yaitu: almond mentah, kacang mete mentah, kenari mentah, kacang pecan mentah, kacang tanah mentah, selai kacang tanpa pemanis, dan biji bunga matahari.  Sedangkan jenis kacang-kacangan yang sebaiknya dibatasi yaitu kacang mete, kacang macadamia, kacang panggang asin, dan kacang manisan. 

5. Bawang putih 

Bawang putih merupakan bahan dapur yang kerap diolah secara tradisional untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa dalam bawang putih dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin. Berikut cara mengonsumsi bawang putih yang bisa dicoba: menyantapnya dalam keadaan mentah, mencincangnya dan menambahkannya ke dalam saus, ditumis bersama sayuran, dan ditambahkan ke bahan masakan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan yang Aman bagi Penderita Diabetes untuk Jaga Gula Darah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/04/050300375/5-makanan-yang-aman-bagi-penderita-diabetes-untuk-jaga-gula-darah?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm