Buah ceri adalah salah satu buah penambah darah alami yang dapat mengatasi dan mencegah anemia. Selain ceri, ada buah lainnya, seperti apel, delima, dan pisang,
Buah ceri adalah salah satu buah penambah darah alami yang dapat mengatasi dan mencegah anemia. Selain ceri, ada buah lainnya, seperti apel, delima, dan pisang, ( ())

Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk, Berikut 5 Cara Menyimpan Buah

8 Oktober 2024 06:35 WIB

SonoraBangka.id - Setiap jenis buah segar punya cara penyimpanannya tersendiri. Ada yang harus disimpan di dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam kulkas supaya tetap segar. Ada pula yang justru perlu dibiarkan terkena udara dan dijauhkan dari kondisi lembap supaya tidak cepat busuk. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan buah sesuai jenisnya supaya buah tetap segar dan bisa tahan lama. Simak penjelasan berikut, dikutip dari laman Eating Well dan Real Simple, Senin (7/10/2024). 

1. Cara menyimpan apel

Apel dapat disimpan di suhu ruang ataupun di dalam kulkas. Bila ingin menyimpan apel di suhu ruang, sebaiknya letakkan apel di wadah terbuka dan hindari dari paparan cahaya matahari langsung. 

Sementara itu, jika ingin disimpan di dalam kulkas, simpanlah apel dalam keadaan utuh dan jangan dipotong supaya apel tidak mengalami oksidasi. Bila ingin apel lebih tahan lama di kulkas, bungkus apel dengan tisu basah, lalu masukkan ke dalam kantong plastik berlubang. Cara menyimpan apel seperti ini bisa mempertahankan kesegaran apel sekitar enam minggu.

2. Cara menyimpan alpukat

Cara terbaik untuk menyimpan alpukat yaitu menyimpannya dalam keadaan utuh dan ditaruh di suhu ruang dalam kondisi terbuka. Tidak hanya itu, hindari menyimpan alpukat berdekatan dengan sayuran dan buah lainnya supaya alpukat tidak cepat matang. Biasanya, cara menyimpan seperti ini dapat membuat alpukat bertahan selama empat hingga lima hari.

Apabila alpukat sudah matang atau hampir matang, sebaiknya simpan alpukat di dalam kulkas. Cara ini dapat mempertahankan kesegaran alpukat selama beberapa hari. Asalkan, alpukat tidak disimpan berdekatan dengan buah lainnya seperti apel dan pisang, karena kedua buah tersebut mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan. 

3. Cara menyimpan pisang

Jika tidak akan memakan pisang dalam waktu dekat, sebaiknya belilah pisang dalam keadaan masih agak hijau, dan simpanlah di wadah yang terpisah dengan buah lainnya. Selain itu, jauhkan posisi pisang dari paparan cahaya matahari langsung karena panas matahari dapat mempercepat proses pematangan pisang. 

4. Cara menyimpan bluberi

Bluberi adalah buah pilihan nomor satu untuk mengatasi tekanan darah tinggi, berkat kandungan serat dan antosianin. Bluberi harus disimpan dalam kondisi kering di wadah dengan aliran udara yang baik. Bila ingin menjaga agar bluberi tahan lama, simpanlah bluberi di dalam kulkas. Setelah membeli buah dari pasaran, jangan bilas buah beri dengan air. Jika bluberi disimpan dalam kondisi lembap, akan membuat buah cepat busuk.

5. Cara menyimpan ceri

Buah ceri adalah salah satu buah penambah darah alami yang dapat mengatasi dan mencegah anemia. Selain ceri, ada buah lainnya, seperti apel, delima, dan pisang,Ceri akan cepat rusak jika disimpan di suhu ruang, jadi sebaiknya simpanlah ceri segera di dalam kulkas setelah membelinya dari pasaran. Serupa dengan bluberi, ceri sensitif dengan suhu lembab karena dapat membuat ceri cepat busuk. Setelah dibeli dari pasaran, masukkan ceri ke dalam wadah yang punya sirkulasi udara, kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Menyimpan Buah agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/07/144911675/5-cara-menyimpan-buah-agar-tetap-segar-dan-tidak-cepat-busuk?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm