Kunjungan Plt. Bupati Bangka Tengah, Era Susanto ke PPI Kurau
Kunjungan Plt. Bupati Bangka Tengah, Era Susanto ke PPI Kurau ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Plt. Bupati Bateng Ingin Segera Dioperasikan Kembali PPI Kurau Agar Tak Mati Suri

8 Oktober 2024 09:27 WIB

SonoraBangka.id - Era Susanto selaku Plt. Bupati Bangka Tengah, mengunjungi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan juga cold storage di Desa Kurau Timur, Senin (07/10/2024).

Kunjungan ini guna melakukan koordinasi bersama perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah beserta timnya, serta Kepala Desa Kurau Timur dan Kurau Barat terkait keberlanjutan operasional dari PPI yang ada di Desa Kurau Timur ini.

Bila sebelumnya retribusi PPI dikelola oleh kabupaten/kota, mulai dari tahun 2018 sesuai amanat UU No 23 Tahun 2014, Pangkalan Pendaratan Ikan kini pengelolaannya beralih ke tingkat provinsi.

Diketahui, PPI Desa Kurau Timur beberapa waktu lalu mengalami masalah aksi premanisme yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hal ini mengakibatkan sepinya minat para fagter (bos/tengkulak ikan) melakukan aktivitas pelelangan di sini.

"Sudah beberapa waktu PPI Kurau ini tidak berjalan, saya harapkan masalah yang ada agar segera bisa diatasi dan PPI Kurau bisa beroperasi kembali pekan depan," ungkap Plt. Bupati Bangka Tengah, Era Susanto.

Dirinya juga menjamin para fagter tak perlu khawatir dengan masalah keamanan.

"Ke depannya, akan kita jamin ada rasa aman untuk para fagter untuk melakukan pelelangan di sini. Sudah kami koordinasikan juga dengan DKP Provinsi Kep. Babel, jika ada kekurangan kami persilakan untuk direalisasikan. Pak Kades dan semua masyarakat Desa Kurau juga berharap PPI ini dapat aktif kembali," lanjutnya.

Era juga mengajak para fagter untuk kembali melakukan aktivitas pelelangan di PPI Desa Kurau Timur.

"Kepada para fagter silakan berkunjung ke sini kita jamin aman dan tanpa premanisme, karena keamanannya akan melibatkan Polairud serta keamanan lokal juga," pungkasnya.

Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan ke cold storage yang juga berada dekat dengan PPI Desa Kurau Timur.

"Cold storage dan PPI ini berada pada satu kawasan yang sama, maka fungsinya dapat kita padukan. Pesan dari Pak Plt. Bupati tadi agar pemanfaatannya dapat kita optimalkan baik dari masyarakat lokal maupun investor yang ada, karena cold storage ini juga merupakan salah satu sumber PAD kita," ujar Atika Anggraini, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/tak-ingin-ppi-kurau-mati-suri-plt-bupati-bateng-ingin-segera-dioperasikan-kembali

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm