Rangka penyok merupakan salah satu kerusakaan yang sulit diperbaiki.(kompas.com)
Rangka penyok merupakan salah satu kerusakaan yang sulit diperbaiki.(kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Jangan Asal Beli, Kenali Untuk Tanda Motor Bekas Pernah Alami Kecelakaan

8 Oktober 2024 17:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Membeli motor bekas menjadi pilihan ekonomis bagi banyak orang. Tapi, calon pembeli harus berhati-hati karena tidak semua motor bekas dijual dalam kondisi prima.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Walau tampak mulus dari luar, motor yang pernah kecelakaan bisa menyimpan kerusakan tersembunyi yang berpotensi mengancam keselamatan pengendaranya di kemudian hari.

Menurut Ivan, pengelola Babay Motor di Jakarta Barat, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan untuk mengenali motor bekas yang pernah kecelakaan. Hal ini penting, terutama bagi pembeli yang tidak terlalu paham soal teknis kendaraan.

"Tak bisa dipungkiri, orang pasti mencari motor bekas dengan fokus utama pada harga murah. Namun, banyak yang tidak jeli memeriksa kondisi motor, sehingga tidak sadar jika motor tersebut pernah mengalami kecelakaan," kata Ivan kepada Kompas.com, Senin (7/10/2024).

Ia menjelaskan bahwa salah satu tanda yang bisa diperhatikan adalah adanya bekas penyok di bagian rangka atau stang yang tidak lurus saat motor berjalan.

"Hal ini sering kali diabaikan, padahal bisa sangat berbahaya jika tidak diperbaiki dengan benar," tambahnya.

Ivan juga menambahkan bahwa bagian lain yang perlu diperhatikan adalah cat bodi yang tidak seragam, terutama di area depan serta samping.

Perbedaan warna cat ini kerap menandakan bahwa motor tersebut pernah mengalami tabrakan dan sudah melalui perbaikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Asal Beli, Kenali Tanda Motor Bekas Pernah Alami Kecelakaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/08/090200615/jangan-asal-beli-kenali-tanda-motor-bekas-pernah-alami-kecelakaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm