Ilustrasi minyak goreng untuk memasak.
Ilustrasi minyak goreng untuk memasak. ( SHUTTERSTOCK/BEN BRYANT)

Ketahui Aromanya, Berikut 4 Cara Cek Minyak Goreng Layak Konsumsi

10 Oktober 2024 06:41 WIB

SonoraBangka.id - Cek dulu kualitas minyak goreng sebelum menggunakannya. Sebab, bukan hanya jumlahnya, kualitas minyak goreng juga berdampak pada kesehatan. Ada cara mengetahui kualitas minyak goreng yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulai dari mengenali ciri fisik sampai menggunakan alat. Selengkapnya, simak empat cara cek kualitas minyak goreng berikut ini. 

1. Cium aroma minyak goreng

Menurut Devina Hermawan, koki sekaligus penulis buku resep, minyak goreng berkualitas baik dan buruk, bisa dibedakan dari aromanya. “Minyak goreng dengan kualitas buruk, cenderung memiliki rasa dan aroma yang tidak sedap sehingga membuat makanan jadi cepat berbau tengik. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kualitas dan cita rasa asli dari sebuah masakan,” kata Devina, seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com pada Senin (7/10/2024). 

Minyak goreng beraroma tidak sedap umumnya terjadi ketika minyak sudah rusak akibat oksidasi karena cara menyimpan yang salah. Bila diteruskan mengonsumsi minyak goreng dengan ciri ini, besar kemungkinan timbul rasa gatal di tenggorokan usai mengonsumsi makanan tersebut. 

2. Lihat kejernihan minyak goreng

Minyak goreng layak konsumsi juga bisa dilihat dari kejernihannya. Namun, hal ini bukanlah indikator utama. Minyak goreng yang jernih menunjukkan bahwa minyak tersebut bebas dari kontaminan dan partikel sisa pengolahan. Stabilitas minyak terhadap suhu panas juga menjadi faktor penting dalam menentukan keamanan minyak goreng. Minyak goreng berkualitas baik umumnya lebih stabil dan tidak mudah rusak saat dipanaskan, sehingga lebih aman apabila dipanaskan kembali.

3. Campur minyak dengan mentega

Dikutip dari Food NDTV, kamu bisa mencampur minyak goreng dengan mentega untuk memastikan kualitasnya. Lihat Foto ilustrasi mentega. (SHUTTERSTOCK/bigacis) Ambil dua mililiter minyak goreng, tempatkan dalam mangkuk dan tambahkan sesendok mentega. Jika warna minyak tidak berubah, artinya minyak tersebut masih aman dikonsumsi. Sebaliknya, bila warnanya berubah menjadi merah, minyak tersebut tidak murni dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

4. Ukur kadar TPC

Total Polar Compound (TPC) merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat degradasi minyak goreng. Cara ini bisa dicoba untuk mengecek kualitas minyak goreng. Semakin tinggi nilai TPC, semakin besar kerusakan pada minyak goreng yang berarti tidak layak konsumsi. Kadar TPC minyak goreng belum umum dibahas di Indonesia, sementara menurut data National Library of Medicine (2023), sejumlah negara di Eropa sudah menetapkan batas nilai TPC. Misalnya, Spanyol, Perancis, Belgia, Portugalm dan Italia yang menetapkan batas maksimal TPC sebesar 25 persen. Lebih dari nilai TPC tersebut, minyak goreng dinyatakan tidak lagi aman untuk dikonsumsi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Cek Minyak Goreng Layak Konsumsi, Ketahui Aromanya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/08/123100075/4-cara-cek-minyak-goreng-layak-konsumsi-ketahui-aromanya?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm