lustrasi wanita yang ingin diet
lustrasi wanita yang ingin diet ( Freepik.com)

Jangan Salah Kaprah, Berikut ini 5 Mitos atau Fakta Soal Diet

10 Oktober 2024 06:55 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang yang menjalani program diet biasanya punya tujuan masing-masing. Salah satu tujuan yang paling umum yaitu menurunkan berat badan. Namun, seseorang yang menjalani diet tanpa arahan dari ahli tidak jarang menerima informasi yang belum jelas kebenarannya. Dilansir dari laman resmi Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, Selasa (8/10/2024), berikut beberapa mitos atau fakta soal diet yang umum didengar. 

1. Mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan

Mengurangi asupan karbohirat untuk menurunkan berat badan ialah sebuah fakta. Pada dasarnya, karbohidrat hadir dalam berbagai bentuk, ada yang sederhana dan ada yang kompleks. Karbohidrat sederhana, yang ditemukan dalam makanan seperti kue dan permen, tidak mengandung vitamin, mineral, dan serat. Sementara itu, karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada makanan seperti roti gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah. Jenis karbohidrat ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. 

2. Makan pada malam hari bikin berat badan naik

Faktanya, orang yang makan larut malam cenderung akan menambah berat badannya. Salah satu alasannya karena orang yang makan larut malam biasanya memilih makanan berkalori tinggi. Sebagian besar orang yang makan camilan setelah makan malam biasanya tidak bisa tidur nyenyak. Hal ini berpotensi menyebabkan keinginan menyantap makanan tidak sehat esok hari. 

3. Puasa membantu menurunkan berat badan lebih cepat

Puasa dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat, tapi kondisinya akan tidak sehat jika kamu menyantap makanan secara berlebihan setelah puasa. Maka dari itu, perhatikan pola makan, serta batasi mengonsumsi makanan olahan cepat saji dan minuman manis. 

4. Makanan diet mahal

Tidak semua makanan untuk diet itu mahal, dikutip dari laman British Heart Foundation. Makanan diet justru lebih mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemui di pasaran, dan harganya relatif terjangkau. Cara terbaik untuk menyantap makanan saat diet yaitu dengan membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa menakar bahan makanan yang dimakan, kualitasnya juga lebih terjaga.

5. Olaharaga rutin bisa cepat menurunkan berat badan 

Olahraga 15 menit membakar berapa kalori?() Olahraga yang rutin memang bisa membantu menurunkan berat badan, tapi hal tersebut juga harus diimbangi dengan menjaga jenis makanan dan minuman yang disantap. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengimbangi olahraga yaitu mengonsumsi makanan dan minuman rendah kalori.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Mitos atau Fakta Soal Diet, Jangan Salah Kaprah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/08/193700475/5-mitos-atau-fakta-soal-diet-jangan-salah-kaprah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm