Ilustrasi starter pada motor.(kompas.com)
Ilustrasi starter pada motor.(kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Mencegah Motor Matik Sulit Untuk Distarter Setelah Parkir Lama

10 Oktober 2024 16:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor matik injeksi yang jarang digunakan sering kali mengalami masalah saat distarter. Banyak pemilik motor mengeluhkan kesulitan menyalakan mesin setelah kendaraan mereka terparkir dalam waktu lama.

Masalah ini bisa mengganggu kenyamanan pengguna, terutama kalau motor diperlukan dalam keadaan darurat.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk endapan bahan bakar, kelemahan baterai, atau komponen mesin lainnya yang kurang terawat. Agar motor matik tetap mudah distarter meskipun jarang digunakan, ada beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan.

Mulai dari memastikan bahan bakar tidak mengendap terlalu lama di dalam tangki, hingga memeriksa kondisi busi dan baterai secara berkala untuk menghindari masalah lebih lanjut.

Menurut Wahyu Budhi, Technical Center Instructor PT Wahana Makmur Sejati, endapan bahan bakar di dalam tangki sering kali menjadi penyebab utama motor matik sulit distarter.

"Bahan bakar yang terlalu lama mengendap bisa mempengaruhi kinerja mesin, sehingga motor lebih sulit untuk distarter. Selain itu, busi yang kotor atau basah juga bisa menjadi pemicu masalah," kata Wahyu kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2024).

Kotoran pada busi dapat mengganggu pengapian sehingga mesin tidak dapat menyala dengan baik.

Ia menambahkan bahwa memeriksa tegangan baterai secara berkala juga sangat penting.

"Baterai yang lemah atau hampir habis akan menyebabkan daya yang diperlukan untuk menyalakan motor tidak mencukupi sehingga motor susah distarter," jelas Wahyu.

Selain itu, pemilik motor juga disarankan untuk selalu memastikan level bahan bakar mencukupi agar motor dapat berfungsi dengan baik saat hendak digunakan kembali. Dengan menerapkan langkah-langkah preventif ini, pemilik motor dapat mencegah masalah sulit distarter serta menjaga kendaraan mereka dalam kondisi optimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mencegah Motor Matik Sulit Distarter Setelah Parkir Lama", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/10/092200015/mencegah-motor-matik-sulit-distarter-setelah-parkir-lama.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm