Ilustrasi yoghurt untuk menurunkan berat badan
Ilustrasi yoghurt untuk menurunkan berat badan ( freepik)

Berikut ini Camilan yang Boleh Dimakan Sebelum Tidur bagi Penderita Diabetes

12 Oktober 2024 20:51 WIB

SonoraBangka.id - Memilih camilan sebelum tidur yang tepat untuk dinikmati sebelum tidur bisa jadi sulit. Membutuhkan satu yang tidak akan mengganggu siklus tidur dan hindari makanan bersifat asam agar tidak membuat asam lambung naik atau gangguan pencernaan.

Bagi penderita diabetes bahkan lebih sulit untuk menemukan camilan larut malam yang akan membuat kenyang dan tidak berdampak negatif pada kadar gula darah.

Simak camilan yang boleh dimakan sebelum tidur bagi penderita diabetes, dikutip dari laman Allrecipes. 

1. Keju cottage, buah beri dan kayu manis

Kamu bisa menyiapkan keju cottage, buah beri, sayuran, dan biji-bijian, keduanya akan menambahkan beberapa serat untuk membuat kenyang sepanjang malam. Catatan 10 Tahun Pemerintahan Jokowi & Kompas100 CEO Forum Artikel Kompas.id Makanan tinggi protein dan tinggi kalsium ini lembut dan mengenyangkan, serta rendah gula tanpa pemanis. 

2. Sayuran atau roti panggang gandum utuh

Jika ingin makan camilan kamu bisa menyiapkan stik sayuran seperti wortel dan seledri kemudian agar lebih lezat bisa ditambahkan saus hummus, pesto atau salsa. Hummus menyediakan dorongan protein dan serat untuk meningkatkan rasa kenyang dan menjaga gula darah tetap terkendali. Kamu bisa menambahkan sepotong roti gandum yang dipanggang untuk serat dan karbohidrat yang rendah gula. 

3. Selai kacang dan apel

Selai kacang memiliki lemak sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga nafsu makan sampai pagi. Sementara buah apel mengandung serat dengan tidak membuang kulitnya, bermanfaat bagi usus dan meningkatkan kandungan serat. Serat juga mencegah lonjakan gula darah dari gula.

4. Yoghurt plain dan kacang-kacangan

Satu porsi yogurt tawar tanpa pemanis, kaya akan probiotik dan protein menyehatkan usus, dan di atasnya diberi kacang-kacangan. Kacang-kacangan dapat meningkatkan lemak baik, serat, dan magnesium, bagus untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu dapat menambahkan stroberi dan blueberi dapat membantu meningkatkan resistensi insulin juga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Camilan yang Boleh Dimakan Sebelum Tidur bagi Penderita Diabetes", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/11/220423275/camilan-yang-boleh-dimakan-sebelum-tidur-bagi-penderita-diabetes.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm