peluncuran Sekolah Lansia pertama di Bangka Tengah.
peluncuran Sekolah Lansia pertama di Bangka Tengah. ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Pertama di Bangka Tengah! Launching Sekolah Lansia 'Besauh' Kelurahan Berok

18 Oktober 2024 09:44 WIB

SonoraBangka.id - Ahmad Syarifullah Nizam selaku Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, bersama Kepala Perwakilan BKKBN Babel, M. Irzal, dan Kepala DPPKBP3A Bateng, Dede Lina Lindayanti, bersama-sama meresmikan peluncuran Sekolah Lansia pertama di Bangka Tengah.

Kegiatan ini digelar di halaman Gedung Yayasan Arraisyah Alhams Center, Koba, Rabu (16/10/2024) pagi. Sekolah ini diberi nama Sekolah Lansia 'Besauh' Kelurahan Berok yang merupakan kolaborasi dari Yayasan Arraisyah Alhams Center dengan Kelurahan Berok dan Dinas PPKBP3A Bateng.

Ahmad Syarifullah Nizam, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas sinergi yang telah terjalin ini.

"Terima kasih kepada BKKBN Provinsi Babel, Dinas PPKBP3A Bateng, Yayasan Arraisyah Alhams Center, Kelurahan Berok Kecamatan Koba, para lansia tangguh Kelurahan Berok, serta stakeholder dan mitra kerja terkait yang telah memfasilitasi kegiatan pembinaan lansia secara sinergis dan berkesinambungan ini, sehingga terbentuklah Sekolah Lansia 'Besauh' Kelurahan Berok tahun 2024," ujar Sekda.

Melalui Sekolah Lansia ini Sekda berharap agar para lansia dapat terus bersemangat dan hidup sehat.

"Saya harap para lansia tetap semangat dan terus belajar untuk dapat mempertahankan fungsi fisik dan psikis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian dapat mewujudkan lansia yang tangguh dan SMART serta bermanfaat dalam 7 Dimensi Lansia Tangguh secara utuh, serta berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan negara," pungkasnya.

Sekolah Lansia merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama mereka yang masih potensial dalam keluarga untuk mewujudkan lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7 Dimensi Lansia Tangguh yakni dimensi spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial kemasyarakatan, lingkungan, dan profesional vokasional.

"Berdasarkan data BPS, lansia kita ada sebanyak 11,75%. Maka diperkirakan ada 39.000 lansia yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Saya harapkan Sekolah Lansia ini dapat berkembang, tidak hanya satu di Koba namun akan lebih banyak lagi nantinya di kelurahan-kelurahan lain di Bangka Tengah," ucap Kepala Perwakilan BKKBN Babel, M. Irzal.

Turhindayani selaku Ketua Yayasan Arraisyah Alhams Center mengatakan bahwa siswa Sekolah Lansia ini adalah para lansia binaan LKSLU Rumah Berbagi Al Mughni yang telah aktif melaksanakan kegiatan bersama lansia.

"Lansia yang hadir di sini ada 60 orang, namun yang berhalangan hadir ada sekitar 100 orang. Walaupun untuk lansia sendiri rentang usianya adalah 60 tahun ke atas, namun karena antusiasme pra lansia di Kelurahan Berok ini luar biasa sehingga dari usia 50 tahun tetap kami terima. Semoga kami dapat berkomitmen dan konsisten dalam memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para lansia," terang wanita yang sering disapa Bunda Yani ini.

Sementara itu turut hadir, Kepala Kemenag Bateng, Camat Koba, Lurah Berok, Kepala Baznas Bateng, serta tamu undangan lainnya.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/launching-sekolah-lansia-besauh-kelurahan-berok-pertama-di-bangka-tengah

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm