Ilustrasi oli transmisi.(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi oli transmisi.(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Waspada Untuk Oli Transmisi Mobil Keruh seperti Putih Susu

18 Oktober 2024 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli transmisi pada mobil, baik matik maupun manual, bisa berubah warna menjadi putih susu bila tercampur kontaminan berupa air. Air ini bisa dari luar karena mobil menerabas genangan air atau karena adanya kerusakan sistem pendingin transmisi.

Idealnya, warna oli transmisi manual berwarna kuning kecoklatan cenderung bening. Sementara oli transmisi matik berwarna merah kecoklatan cenderung bening. Nah, ketika warnanya menjadi keruh seperti putih susu, konsumen perlu waspada.

Hardi Wibowo, pemilik bengkel mobil Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, ketika oli transmisi berubah warna menjadi keruh seperti bercampur susu, sebenarnya air sudah mengontaminasi.

“Kondisi tersebut bakal membuat pelumasan pada transmisi tidak optimal sehingga berpotensi merusak komponen mekanikalnya pada kondisi tertentu transmisi bisa jebol,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2024).

Hardi mengatakan, komponen berputar yang saling bergesekan membutuhkan pelumasan yang baik. Dengan bercampurnya air dengan oli maka pelumasan menjadi buruk serta memicu kerusakan.

“Percampuran oli transmisi dengan air bisa karena rusaknya sistem pendingin transmisi, khususnya pada mobil matik, oil cooler ada yang menyatu dengan radiator dan terpisah, namun keduanya punya potensi kerusakan sama,” ucap Hardi.

Mobil yang sudah menempuh jarak 150.000 km, menurut Hardi, sebaiknya diperhatikan kondisi oil cooler-nya. Dia menyarankan perangkat pendingin oli transmisi ini diremajakan sebelum mengalami kerusakan.

“Bila rusak, dampak kerusakan bisa menjadi lebih luas, sementara oil cooler memiliki masa pakai. Maka dari itu, untuk mengantisipasi, perlu dilakukan penggantian sebelum rusak,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, pemeriksaan kualitas oli transmisi perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya, peluang air mengontaminasi oli transmisi cukup besar, mengingat curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia cukup tinggi.

“Air bisa masuk ke transmisi ketika mobil digunakan menerjang banjir atau genangan air, yakni melalui seal poros roda atau celah lainnya,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Oli Transmisi Mobil Keruh seperti Putih Susu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/120200715/waspada-oli-transmisi-mobil-keruh-seperti-putih-susu.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm