Ilustrasi Apple Car(Gizmodo)
Ilustrasi Apple Car(Gizmodo) ( KOMPAS.COM)

Terrungkap Apple Sempat Gandeng BYD Untuk Kembangkan Sel Baterai

20 Oktober 2024 21:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple, menghabiskan sekitar satu dekade dan 10 miliar dollar atau 150 tirliun untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Tapi, setelah banyak waktu dan dana yang dikeluarkan, proyek tersebut akhirnya dibatalkan. Pada awal 2024, Apple mengumumkan tak akan terjun dalam sektor otomotif khusunya mobil listrik.

Kini terungkap bahwa sebelum membatalkan proyek tersebut, Apple menghabiskan bertahun-tahun bekerja sama dengan BYD untuk mengembangkan baterai yang mampu menempuh jarak jauh.

Meskipun hingga saat ini belum ada mobil listrik Apple yang diluncurkan, kerja sama antara Apple dan BYD telah membantu memajukan teknologi baterai EV.

Dilaporkan bahwa Apple dan BYD mulai berkolaborasi pada tahun 2017 dan membangun sistem baterai menggunakan sel lithium besi fosfat alias LFP.

Insinyur Apple memiliki keahlian dalam paket baterai canggih dan manajemen panas, sementara BYD memiliki kemampuan dalam pengembangan sel baterai LFP.

Bloomberg melaporkan bahwa kolaborasi ini dimulai setelah insinyur BYD menunjukkan versi awal Blade Battery, yang saat ini digunakan dalam jajaran produk BYD ke Apple.

Apple terkesan dan percaya bahwa dapat menggunakan sel baterai BYD dengan desain paket baterai in-house buatan sendiri.

Baik BYD maupun Apple tidak mengonfirmasi kolaborasi keduanya dalam teknologi baterai, dan BYD bersikeras bahwa teknologi Blade Battery merupakan hasil pengembangan mandiri.

"Konsep untuk baterai Blade berasal dari insinyur BYD, yang secara independen mengembangkan baterai LFP Blade ini. BYD memegang hak kepemilikan dan hak paten penuh untuk baterai Blade," kata BYD, dilansir dari Carscoops, Minggu (20/10/2024).

Meskipun bertahun-tahun berkolaborasi, Apple akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kemitraannya dengan BYD dan mulai menjajaki opsi lain.

Pada awal 2021, muncul kabar bahwa Apple telah melakukan pembicaraan dengan Hyundai untuk mengembangkan EV otonom, tetapi diskusi tersebut segera meredup.

Puncaknya, pada awal 2024, para eksekutif senior Apple secara resmi memutuskan untuk meninggalkan proyek mobil listrik tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terrungkap Apple Sempat Gandeng BYD Kembangkan Sel Baterai ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/20/114200315/terrungkap-apple-sempat-gandeng-byd-kembangkan-sel-baterai-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm