ilustrasi botok tahu
ilustrasi botok tahu ( MayaSekali / shutterstock)

Pedas dan Minim Minyak, Berikut Cara Membuat Botok Tahu Udang

21 Oktober 2024 19:06 WIB

SonoraBangka.id - Botok bisa dibuat jika ingin menyantap lauk minim minyak. Salah satu resep botok yang bisa dicoba adalah botok tahu udang yang pedas. Resep ini menggunakan tahu China yang dihaluskan, serta udang yang sudah dikupas dan kelapa parut.

Minyak yang digunakan sebanyak tiga sendok makan. Berikut resep dan cara membuat botok tahu udang, dikutip dari buku "Lauk Sehat" (2017) karya Apri Buleng terbitan Demedia Pustaka. 

Resep botok tahu udang 

Bahan:

1 potong tahu China (haluskan)

1/4 buah kelapa (kupas kulit arinya, lalu parut memanjang)

3 sdm minyak (untuk menumis)

1000 gr udang kupas (cincang kasar)

2 buah cabai merah besar (sisihkan bijinya)

1 putih telur

Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Bahan yang dihaluskan: 5 butir bawang merah 3 siung bawang putih 1 sdt ketumbar 2 cm kunyit 3 buah cabai merah keriting 2 cm kencur 1/2 sdt garam Cara membuat botok tahu udang Tuang minyak ke wajan untuk dipanaskan, kemudian goreng bumbu yang dihaluskan hingga beraroma dan matang. Masukkan udang cincang dan cabai merah, aduk dan masak sampai matang dan layu, kemudian angkat dari kompor.  Masukkan udang cincang dan cabai merah yang sudah dimasak ke dalam campuran tahu, kelapa parut, dan putih telur. Aduk kembali.  Ambil dua sendok makan adonan udang dan tahu, kemudian tata di atas daun pisang. Bungkus, lalu kukus selama sekitar 30 menit hingga matang. Angkat, hidangkan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Botok Tahu Udang, Ide Makan Siang Pedas Minim Minyak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/21/093800275/resep-botok-tahu-udang-ide-makan-siang-pedas-minim-minyak.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm