ilustrasi nugget ayam ala koki.
ilustrasi nugget ayam ala koki. ( SHUTTERSTOCK/NilaSito)

Cek Sebelum Diolah, Berikut Cara Pastikan Nugget Layak Konsumsi

22 Oktober 2024 06:01 WIB

SonoraBangka.id - Nugget makanan instan yang dijadikan lauk praktis untuk anak-anak, tinggal goreng dan dapat disajikan. Nugget kemasan ini perlu dilihat dulu apakah layak konsumsi selain mengecek tanggal kadaluarsanya, pastikan warna tidak berubah, dan tekstur nugget sudah tidak keras. Simak cara pastikan nugget layak konsumsi sebelum diolah, dikutip dari buku "20 Resep Kreasi Nugget" (2012) karya Aan W terbitan JePe Press Media Utama (JPBOOKS). 

1. Pastikan nugget tidak berbau

Sebelum memasak nugget atau mengonsumsinya, cek kondisi nugget dalam lemari es terlebih dahulu. Pastikan tidak berbau dan masih segar, jika sebaliknya segera buang nugget. Ingatlah bahwa nugget adalah daging olahan sehingga bau amis biasanya sudah tidak tercium. Namun, jika ada sedikit bau pada nugget itu adalah hal wajar karena dari campuran bumbu.

2. Warna nugget natural

Pastikan warna nugget masih natural, umumnya memang dagng ayam berwarna putih sehingga bila menjadi nugget harusnya tetap bersih atau berwarna kuning emas karena adanya baluran tepung roti. Jika warna nugget cenderung kusam dan terlihat tidak menarik, kemungkinan sudah kadaluarsa atau dibuat dari bahan berbahaya. 

3. Nugget tidak terlalu keras

Nugget seharusnya tidak lembek dan tidak keras. Namun, jika nugget yang dibeli terlampau keras atau justru sebaliknya lembek, ada baiknya dibuang saja. Kondisi seperti itu menunjukkan bahwa nugget tidak layak konsumsi. 

4. Pastikan bahan dan tanggal kadaluarsa tercantum pada kemasan

Pastikan bahwa bahan, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa harus tercantum pada kemasan nugget. Tak hanya itu saja, komposisi bahan juga harus tertulis pada bungkus agar dapat mengetahui terbuat dari campuran apa saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Pastikan Nugget Layak Konsumsi, Cek Sebelum Diolah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/18/070400575/4-cara-pastikan-nugget-layak-konsumsi-cek-sebelum-diolah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm