Oil sludge ditandai denagn adanya endapan oli yang menempel pada komponen mesin(Aha Motor/Hardi Wibowo)
Oil sludge ditandai denagn adanya endapan oli yang menempel pada komponen mesin(Aha Motor/Hardi Wibowo) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Munculnya Oil Sludge pada Mesin Mobil

26 Oktober 2024 20:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam merawat mobil secara berkala, ada banyak perawatan yang perlu dilakukan oleh pemiliknya untuk memastikan performa mesin tetap optimal.

Setiap langkah perawatan memiliki perannya masing-masing dalam menjaga kesehatan mesin, dan mencegah munculnya oil sludge atau lumpur.

Masalah ini, meskipun sering dianggap sepele, sebenarnya bisa berakibat fatal kalau dibiarkan tanpa perhatian.

Iwan, Pemilik Bengkel Mobil Honda Auto Clinic mengatakan, sering telat ganti oli mobil bisa berisiko munculnya oil sludge.

“Akan sangat berisiko, oli yang rusak akan membentuk sludge (lumpur) dan akan menutupi lubang-lubang pelumas,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia juga menjelaskan, oil sludge yang muncul ini bisa membuat lubang pelumas tertutupi sehingga mesin macet.

Selain itu, Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan, sering gonta-ganti merek oli mobil bisa mengakibatkan sludge atau lumpur.

“Betul, karena setiap merek oli punya komposisi yang berbeda, kalau sering gonta-ganti merek oli tertentu ada reaksi yang bisa menimbulkan sludge,” kata Muchlis.

Setiap pelumas dibuat dengan formula yang menyesuaikan materi dan karakter mesin, termasuk dalam penggunaan zat aditif.

Sehingga, tiap merek oli memiliki kandungan zat aditif berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Sludge muncul akibat kedua merek oli tidak dapat bercampur dan menyisakan endapan lumpur.

“Sebenarnya spesifikasi kekentalan oli SAE sama, tapi komposisi zat aditif yang terkandung di setiap merek berbeda,” kata Muchlis.

Dengan begitu, penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan perawatan oli secara rutin dan memilih merek oli yang konsisten, agar terhindar dari masalah oil sludge yang dapat merugikan mesin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Munculnya Oil Sludge pada Mesin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/26/061200915/kenali-penyebab-munculnya-oil-sludge-pada-mesin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm