Ilustrasi
Ilustrasi ( https://ekonomi.kompas.com/)

Foto Nyonya Meneer ada di Kemasan Minyak Telon, Ahli Waris Menggugat

13 Mei 2020 16:21 WIB

Perusahaan yang membeli 72 merek dagang Nyonya Meneer, PT Bumi Empon Mustiko, digugat oleh Charles Saerang, ahli waris pendiri pabrik jamu legendaris tersebut ke Pengadilan Niaga Semarang atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Keturunan ketiga dari pendiri Nyonya Meneer ini tidak terima foto Nyonya Meneer dipasang di dalam produk minyak telon yang diproduksi PT Bumi Empon Mustiko tersebut.

Eko Budi Supriyanto sebagai Juru bicara Pengadilan Niaga Semarang, pada Selasa kemarin, membenarkan adanya pendaftaran gugatan atas perkara tersebut. "Sudah masuk dan diproses majelis hakim yang akan mengadili perkara tersebut," ungkapnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (13/5/2020).

Proses pemeriksaan perkara gugatan tersebut diupayakan secara litigasi atau melalui persidangan daring, karena kondisi saat ini sedang ada pandemi Covid-19, lanjut dia.

Dalam berkas gugatan tersebut, kata dia, juga terdapat nama instansi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Menteri Hukum dan HAM. Gugatan perdata atas pelanggaran hak cipta itu dilayangkan kepada PT Bumi Empon Mustiko berkaitan dengan pemasangan foto Nyonya Meneer di kemasan produk minyak telon perusahaan itu.

Dalam gugatan yang terdaftar dengan nomor registrasi 2/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2020/PNNiagaSmg tersebut, Charles menuntut agar produksi minyak telon itu berhenti dan menarik kemasan yang memuat foto Lauw Ping Nio atau Nyonya Meneer dari pasaran yang sudah terlanjur beredar.

Sumbermoney.kompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm