Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia
Ilustrasi Majelis Ulama Indonesia ( kompas.tv)

MUI Keluarkan Fatwa Terkait Sholat Idul Fitri Di Tengah Pandemi

15 Mei 2020 09:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa tentang panduan kaifiat takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19. Fatwa tersebut telah diterbitkan pada Rabu (13/5/2020).

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah menimbang bahwa shalat Idul Fitri merupakan ibadah yang menjadi salah satu syiar Islam. Namun sampai saat ini wabah COVID-19 masih menjadi pandemi nasional. Di samping itu, masyarakat juga banyak bertanya tentang tata cara shalat Idul Fitri saat pandemi COVID-19.

“Karena itu dipandang perlu menetapkan fatwa tentang Panduan Kaifiat Takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi COVID-19 untuk dijadikan pedoman,” demikian bunyi petikan Fatwa No. 28 Tahun 2020, seperti dilansir dari situs MUI.or.id, Kamis, (14/5/2020).

Dalam fatwa tersebut, MUI menyatakan bahwa Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm