Ilustrasi
Ilustrasi ( pxhere.com)

Tingkat Kekencangan Baut Ada Batasnya, Jangan di Anggap Sepele

28 Mei 2020 14:35 WIB

Tingkat kekencangan baut di sepeda motor sangatlah penting, meskipun banyak yang menganggapnya sepele. Sebab sebenarnya tingkat kekencangan tiap baut berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut tergantung bagian-bagiannya. Seorang pemilik bengkel aksesori dan modifikasi motor One3 Motoshop, Benny Saputra,  yang kerap menerima servis motor gede tipe sport, mengatakan, tingkat kekencangan baut sangat terasa jika membongkar mesin.

"Sebab baut ada batasnya, supaya tidak terlalu kendur atau kencang. Dampak paling besar kalau merakit mesin, kalau torsinya salah atau urutan masang bautnya salah getaran mesinnya nanti bisa beda," jelasnya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Benny mengatakan, bahkan sampai urutan membuka dan memasang baut sebetulnya berpengaruh. Misalkan di buku panduan harus buka dari urutan 1, 2, 3 dan seterusnya, maka itu yang harus dilakukan.

"Kalau motor sudah launching, semuanya sebetulnya ada di workshop manual. Waktu kita beli motor kan kita dapat owners manual, servis manual dan workshop manual, bahkan kini itu bisa diunduh," katanya Asep Suherman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm