ilustrasi
ilustrasi ( gridoto.com)

Ingin Mencuci Motor Listrik Yang Aman, Pahami Langkah - Langkahnya

29 Mei 2020 16:05 WIB

Salah satu ritual wajib pemilik sepeda motor untuk merawat kendaraannya adalah dengan mencucinya.

Selain menjaga kebersihan, mencuci motor juga membuat motor nyaman dikendarain karena mesin terhindar dari debu dan kotoran yang menempel.

Tapi, untuk motor listrik alias Electric Vehicle, ada langkah yang mesti diperhatikan lebih seksama saat mencucinya.

Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, saat mencuci motor listrik, yakni hindari menyempot langsung di bagian baterai dan soket isi daya.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Reza mengatakan, konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam tidak perlu khawatir. Asalkan tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Hal senada diucapkan oleh teknisi Viar, Abdul, yang mengatakan memang sebaiknya beberapa bagian tidak disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," kata Abdul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mencuci Sepeda Motor Listrik, Begini Cara Amannya", https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/26/184100815/mencuci-sepeda-motor-listrik-begini-cara-amannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm