Ilustrasi
Ilustrasi ( jabar.tribunnews.com)

Tips Meminimalisir Aroma Yang Menyengat Pada Jengkol

13 Juni 2020 14:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Siapa sih yang tidak tahu Jengkol? Jengkol sebenarnya banyak disukai orang. Hanya saja, beberapa orang memilih tidak makan karena identik dengan baunya mengganggu pekerjaan.   

Nah, jangan khawatir  supaya seluruh keluarga bisa bebas makan jengkol, hilangkan saja aromanya yang menyengat. Mungkin tidak bisa sepenuhnya hilang. Tapi paling tidak bisa diminimalisir sehingga bisa menyantap jengkol tanpa khawatir bau.

Kenikmatan jengkol ada pada aromanya, jadi sayang jika ihilangkan semua. Nah, bagaimana cara meminimalisir aroma jengkol yang aduhai? Yuk, simak tips  cara menghilangkan bau jengkol berikut ini : 

  1. Bakar jengkol

Untuk Menghilangkan baunya, anda bisa Membakar jengkol. Caranya, bakar jengkol bersama dengan kulitnya sampai kulitnya kering dan sedikit terkelupas. Kemudian kupas kulitnya dan masak seperti biasa.

  1. Gunakan abu gosok

Menghilangkan bau jengkol juga bisa dengan cara merebus jengkol di dalam air yang diberi sedikit abu gosok sampai agak lunak. Kemudian Tiriskan jengkol lalu  cuci bersih untuk menghilangkan serpihan abu gosok yang  melekat pada jengkol. Setelah  itu jengkol sudah siap dimasak.

  1. Rendam dalam air kapur sirih

Tips berikutnya anda cukup rendam jengkol dalam air kapur sirih selama semalaman.

kemudian Setelah itu tinggal tiriskan lalu rebus jengkol seperti biasanya. 

  1. Manfaatkan daun salam dan daun jeruk

Anda bisa juga merebus dulu jengkol dengan daun salam, daun jeruk ataupun keduanya. Sebelum diolah. Karena daun aromatik ini dapat mengurangi aroma jengkol dan bisa membuatnya lebih harum.  

Nah, bagiamana? gampangkan?  banyak cara yang bisa dicoba, jadi Kalau sudah begini, tidak perlu ragu lagi memasak jengkol di rumah. Selamat mencoba...

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Menyengat, Masakan Pun Jadi Sedap, https://bangka.tribunnews.com/2020/04/18/cara-menghilangkan-bau-jengkol-yang-menyengat-masakan-pun-jadi-sedap?page=all.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm