Es Kopi Kuniya Dari Ardian Maulana (dok. Ardian Maulana)
Es Kopi Kuniya Dari Ardian Maulana (dok. Ardian Maulana) ( Kompas)

Es Kopi Kuniya, Campuran Kopi Dengan Kunyit Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

13 Juni 2020 18:55 WIB

SonoraBangka.id Ingin ngopi ala kafe kekinian tapi tetap di rumah? jangan khawatir, kini kamu bisa coba beberapa kreasi sendiri. Kamu bisa mencoba resep kopi ciptaan dari Ardian Maulana (28),yang merupan seorang  barista profesional yang mencampurkan kopi dengan kunyit."Di tengah maraknya kopi dalgona saat wabah corona seperti ini, ngopi di rumah menjadi trend para coffee lover," jelas barista yang sudah berpengalaman 11 tahun di dunia kopi kepada Kompas.com. Sebagai seorang  Professional Instructor & International Coffee Business Consultant, ia mencoba membuat kreasi minuman kopi yang bukan sekadar mudah dibuat di rumah, tetapi ia juga ingin membuat kreasi yang memberi dampak positif untuk meningkatkan imun tubuh karena kandungan positifnya, salah satunya adalah  kunyit.

"Saya beri nama minuman ini Es Kopi Kuniya," ujarnya.Es kopi kuniya adalah campuran kopi dengan kunyit. Untuk membuat Es Kopi Kuniya ini , diperlukan beberapa bahan berikut ini : Biji kopi arabica Medium Roast 10 gram, susu segar 100 ml, gula aren 20 gram, madu 15 ml, kunyit 5 gram, air panas serta  Es Batu.

Langkah pertama untuk membuat Es Kopi Kuniya ini adalah menyeduh 5 gram kunyit yang telah dicacah dengan 35 ml air panas. Panas air kurang lebih 96°c, tunggu selama 5 menit. Setelah itu, giling kasar biji kopi, lalu seduh dengan air panas dan tunggu selama 5 menit. Jika tidak memiliki biji kopi dan alat penggiling, maka bisa mengganti dengan bubuk kopi yang sudah digiling kasar."Pakai kopi bubuk arabica biar anti-oksidannya lebih tinggi, tapi kalau bisa digiling kasar," kata owner dari iBREW Specialty Coffee Education ini. lalu, cacah halus 20 gram gula aren, larutkan dengan larutan dari air kunyit tadi setelah disaring, kemudian diamkan selama 3 menit.


Aduk rata serta pastikan gula aren telah larut. lalu saring, pindahkan ke wadah lain, dan kini sirup gula rempah telah tersedia tanpa ampas. kemudian tuang 15 ml madu ke dalam susu segar dingin, aduk hingga menghasilkan busa halus susu. Setelah itu, pisahkan busa susu ke wadah lain. Siapkan wadah saji. Pertama-tama masukan sirup gula rempah ke dalam wadah saji. "Dilanjutkan dengan tambahkan es batu hingga mencapai 3/4 volume wadah saji," ujar Ardian.

Tuang secara perlahan susu segar madu yang telah dipisahkan busanya. Lalu tambahkan larutan kopi tanpa ampas, secara perlahan sehingga membentuk 3 lapisan secara visual yaitu gula, susu, kopi. Tuang busa susu tadi sebagai topping dan bisa dihiasi dengan potongan daun mint untuk mempercantik tampilan. Setelah jadi, kamu bisa menikmati kopi di teras rumah atau ruang tamu sambil bekerja, seakan sedang kongkow di kafe kekinian. Gimana? gampang kan, selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ngopi di Rumah? Coba Resep Baru Ini, Kopi Campur Kunyit", https://travel.kompas.com/read/2020/04/07/101500127/ngopi-di-rumah-coba-resep-baru-ini-kopi-campur-kunyit?page=2

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm