Ayam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta. (Dok. Kedai Oma Evie)
Ayam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta. (Dok. Kedai Oma Evie) ( Kompas.)

Ayam Geprek, Ayam Penyet, Dan Ayam Gepuk, Bedanya Dimana?

15 Juni 2020 18:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Di Indonesia ada banyak sekali sajian ayam goreng , yang paling terkenal belakangan ini adalah ayam geprek, ayam penyet, dan ayam gepuk. Ketiganya tentu memiliki persamaan yaitu sama-sama digoreng dan dipipihkan tujuannya  adalah agar teksturnya lebih lembut agar  memudahkan orang saat memakan. Persamaan lain dari ketiganya adalah  sama-sama dilumuri sambal di atas potongan ayam.

Namun, ternyata ada perbedaan mendasar antara ketiganya, berikut ini perbedaan ayam geprek, ayam penyet, dan ayam gepuk:

1. Ayam geprek

Pembuat ayam geprek pertama di Indonesia, Ruminah asal Yogyakarta mengatakan ayam geprek adalah ayam goreng tepung (kentucky) yang diberi sambal di atasnya. Ayam tersebut kemudian diulek agar daging terlepas dari tulang. Jadi empuknya ayam geprek mengandalkan tenaga pengulek ayam. Sambal yang digunakan untuk pendamping ayam geprek sangat beragam. Umumnya sambal bawang, tetapi bisa juga sambal matah, sambal embe, sambal madura, sambal kecombrang. Intinya aneka sambal khas Indonesia.
Topping ayam geprek juga beragam, biasanya diberikan keju parut atau keju mozarella yang leleh. Ayam geprek bisa dibilang hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia. Ayam goreng tepung asalnya dari Amerika Serikat.

2. Ayam penyet 

Ayam penyet adalah hidangan ayam ungkep bumbu kuning yang digoreng, kemudian dipenyetkan (dipipihkan) dan diberi sambal di atasnya. Bumbu ayam penyet terbilang lebih kompleks karena terdiri dari berbagai bumbu dan rempah Nusantara. Seperti ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Ayam dimasak dalam tempo lama dengan api kecil. Hal ini dimaksud agar bumbu menyerap sempurna dan tekstur daging menjadi sangat lembut.

3. Ayam gepuk

Kata gepuk disematkan pada merek penjual ayam goreng yaitu Ayam Gepuk Pak Gembus. Gepuk sebenarnya adalah makanan khas Sunda, terdiri dari daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu rasa manis dan dipukul hingga empuk. Rasanya tentu berbeda jauh dengan ayam gepuk yang dijual di Ayam Gepuk Pak Gembus. Ayam Gepuk Pak Gembus lebih menyerupai ayam penyet, ayam yang diungkep kemudian digoreng, dipipihkan, dan diberi sambal. Namun ciri khas dari Ayam Gepuk Pak Gembus adalah meggunakan sambal bawang dengan campuran kacang. Rasa sambal ini yang menjadi ciri khas utama dan daya tarik ayam goreng tersebut.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Bedanya?", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/12/110910075/ayam-geprek-ayam-penyet-dan-ayam-gepuk-apa-bedanya?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm