Ilustrasi Orek Teri Kacang
Ilustrasi Orek Teri Kacang ( ikanlover.com)

Orek Teri Kacang, Sajian Praktis Dan Tahan Lama

22 Juni 2020 14:38 WIB

SonoraBnagka.id - Bagi anda yang tidak sempat memasak pada hari kerja , anda bisa mencoba membuat Orek teri kacang salah satu sajian yang  memiliki citarasa yang kaya. Rasa manis, pedas dan gurih berbaur jadi satu. Orek teri kacang juga mudah dibuat dan harganya murah. Selain itu sajian ini juga praktis dan bisa bertahan lama. Orek teri kacang juga bisa anda masak dalam jumlah banyak dan awet untuk disimpan serta  cocok sebagai lauk disaat darurat.

Pada program #MasakdiRumahAja  Chef Arosa Hotel Bintaro Jakarta, Erwin Hidayat membagikan resep Nasi Bali Uluwatu. Dalam Nasi Bali Uluwatu tersebut terdapat nasi putih, lawar ayam, sate pentul, urap, telur pindang, sambal matah dan orek teri kacang.

Bagi anda yang ketinggalan Live Instagram di @ kompas.travel,  resep orek teri kacang  yang dipraktikkan oleh chef  Erwin jangan khawatir,  berikut ini resep orek teri kacang ala Arosa Hotel Bintaro Jakarta,  anda bisa juga menonton tayangan ulang di IGTV @kompas.travel:

Resep Orek Teri Kacang Bahan Orek Teri Kacang:

  • Bawang merah 20 gram
  • Bawang putih 20 gam
  • Cabai merah 35 gram
  • Kemiri 20 gram
  • Teri Medan 75 gram
  • Kacang goreng 100 gram
  • Gula pasir 30 gram

Cara membuat Orek Teri Kacang :

  1. Pertama haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri. Lalu tumis bumbu sampai wangi.
  2. Jika bunbu sudah wangi masukkan garam, merica, penyedap secukupnya, dan gula. Aduk terus sampai bumbu caramelezed (karamelisasi tandanya agak lengket dan kecokelatan)
  3. Kemudian masukkan kacang dan teri. Selanjutnya aduk hingga rata dan siap disajikan.

Sebelum teri dimasukkan ke dalam bumbu ada trik untuk membuat teri bersih dan tidak terlalu asin. Setelah membeli teri di pasar kamu bisa merendamnya dengan air panas. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan garam berlebih. Kemudian jika sudah goreng teri sampai matang atau kering.  Orek teri kacang siap untuk disajikan, selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Orek Teri Kacang, Cocok untuk Stok Makanan Seminggu", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/21/210300175/resep-orek-teri-kacang-cocok-untuk-stok-makanan-seminggu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm