Ilustrasi
Ilustrasi ( GridOto.com)

Inilah Fungsi Spion di Kap Mesin Yang Perlu Anda Ketahui

22 Juni 2020 20:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada umumnya, terdapat beberapa spion pada mobil yang berfungsi untuk membantu pengemudi untuk berbelok, pindah jalur, atau parkir.

Spion-spion tersebut, biasanya terletak di sisi kanan dan kiri, sisi depan kendaraan dan juga di bagian tengah interior mobil.

Beberapa pabrikan mobil juga memasang spion tambahan di sebelah kiri kap mesin mobil dan di atas pintu belakang kendaraan.

Fitur tambahan tersebut biasanya disematkan pada mobil SUV bertubuh bongsor.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang masih belum paham akan fungsi spion tambahan dan menganggap komponen tersebut hanya sekedar aksesoris.

Dealer Techncial Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan, spion tambahan model tanduk yang terdapat di bagian sebelah kiri kap mesin memiliki berbagai fungsi.

Tidak hanya itu saja, spion tanduk juga berguna sebagai patokan saat pengemudi ingin parkir kendaraan atau bermanuver.

“Sisi depan bagian kiri agak susah dilihat, dengan adanya spion tanduk dapat meningkatkan pengelihatan pengemudi,” kata Didi.

Selain spion tanduk, beberapa mobil juga memiliki spion di pintu belakang mobil yang tergantung di atas kaca belakang kendaraan-kendaraan yang berukuran besar.

“ Spion belakang berfungsi untuk memberikan visual bagian belakang mobil lebih jelas lagi, sebab untuk mobil MPV besar agak sulit untuk melihat dengan jelas. Kecuali sudah memiliki kamera mundur,” tambah Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 'https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/22/182200415/banyak-yang-belum-tahu-ini-fungsi-spion-di-kap-mesin'

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm