Ilustrasi
Ilustrasi ( selerasa.com)

Donat Panggang, Camilan Enak Yang Cocok Dimakan Kapan Saja

23 Juni 2020 15:51 WIB

SonoraBangka.id -  Salah satu camilan yang cocok dimakan kapan saja adalah donat. Mulai dari jadi pendamping kopi sampai disantap saat sore hari. Ternyata bukan hanya digoreng, ada juga donat panggang. Donat versi ini memiliki tekstur yang empuk tetapi sedikit padat dibanding donat goreng.

Berikut ini resep donat panggang dibagikan pada buku "Donat Bakar" (2013) karya Dapur Aliza yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama yang bisa anda coba buat di rumah untuk camilan keluarga dan teman ngopi atau ngeteh anda.

Resep donat panggang topping cokelat

Bahan adonan

  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • ½ sdt garam
  • 1 bungkus ragi instan
  • 50 gram gula pasir
  • 200 ml air hangat
  • 1 btr telur
  • 100 gram margarin tawar

Bahan perebus

  • 2500 ml air
  • 1 sdt gula pasir

Topping cokelat

  • 200 gram dark chocolate cooking iris-iris
  • 100 gram krim cair

Cara membuat donat panggang

  1. Masukkan tepung terigu, garam, ragi instan, gula pasir, telur, dan air. Campur sampai rata. Uleni sampai elastis. Jika sudah kalis, tambahkan margarin, uleni kembali. Diamkan adonan selama satu jam.
  2. Kempiskan adonan, timbang per 50 gram, dan bentuk bulat. Lubangi tengahnya, istirahatkan kembali 10-20 menit.
  3. Didihkan bahan perebus hingga gula larut, masukkan adonan, rebus selama 30 detik. Angkat, tiriskan. Adonan donat direbus di dalam air mendidih, tujuannya untuk menghentikan proses fermentasi atau menghentikan proses pengembangan.
  4. Panaskan oven dan panggang donat hingga matang atau kuning keemasan. Angkat dan dinginkan.
  5. Sambil menunggu donat dingin, saatnya bikin topping. Rebus krim cair di atas api kecil, masak jangan sampai mendidih. Masukkan potongan cokelat, aduk sampai cokelat leleh. Sisihkan.
  6. Jika donat sudah dingin, celupkan bagian atas donat ke dalam topping. Angkat, sisihkan. Lakukan sampai donat habis. Donat panggang topping cokelat pun siap disajikan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Donat Panggang, Camilan Sore Pendamping Kopi", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/22/163600575/resep-donat-panggang-camilan-sore-pendamping-kopi?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm