Nasi Timbel
Nasi Timbel ( Resepharian)

Cukup Tiga Langkah, Nasi Timbel Ayam Khas Jawa Barat Bisa Dibuat Di Rumah

25 Juni 2020 13:03 WIB

SonoraBangka.id - Bingung mau masak apa? Atau ingin masak yang simple dan praktis? Mungkin anda bisa membuat sajian praktis yang tidak memakan waktu lama tetapi tetap lezat. Salah satunya adalah nasi timbel. Nasi timbel, merupakan makanan khas dari tatar Sunda. Konon, pada zaman dulu nasi timbel merupakan bekal makanan yang dibawa oleh petani untuk makan siang di sawah. Bekal tersebut berupa nasi yang dibungkus daun pisang, lengkap dengan lauk pauk nya. Dan ya, sampai saat ini, makanan yang merajai makanan Sunda ini, masih mempertahankan ciri khas nya, yaitu daun pisang.

Nasi timbel sebenarnya sama dengan nasi – nasi lainnya. Beda nya hanya nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Tekstur nasi nya pun “pulen”, tidak terlalu lembek, dan tidak keras. Kenikmatan menyantap nasi timbel ini akan terasa sangat kental apabila disajikan saat nasi masih hangat. Sebagai bahan pelengkap dari nasi timbel, biasanya terdapat beberapa pilihan. Dari mulai ayam goreng, ayam bakar, atau hanya dengan sepotong asin jambal roti. Tentunya didampingi dengan sambal dan lalapan yang akan menambah selera makan anda. Sambal nya pun bisa dipilih. Biasanya beberapa rumah makan akan menyajikan nasi timbel dengan sambal terasi. 

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba nasi timbel, tidak perlu datang ke Jawa Barat, anda juga bisa membuat nasi timbel khas Jawa Barat ini di rumah. Caranya pun mudah, hanya perlu modal alat rice cooker. Bahan nasi timbel pun dapat ditemukan di tukang sayur sekitar rumah anda.

Berikut ini resep nasi timbel ayam pakai rice cooker yang dibagikan oleh Chef Ardian Wahyu Normansyah yang bisa anda praktekkan di rumah. "Menu ini sangat kaya akan rasa. Tidak perlu repot karena sudah terdapat protein di dalamnya yaitu ayam," ujar Chef Ardian

Bahan yang diperlukan :

  • 2 cup beras
  • 2 batang serai
  • 2 ruas lengkuas
  • 5 lembar daun salam
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Cabai sesuai selera
  • 1/2 ekor ayam, potong kecil-kecil
  • Ikan teri
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa
  • kaldu jamur non-msg

Cara membuat nasi timbel ayam

  1. Cuci beras hingga bersih. Lalu cuci serai, lengkuas, daun salam, cabai, ikan teri, dan ayam.
  2. Masukkan beras ke dalam rice cooker. Tambahkan air secukupnya. Masukkan semua bahan dan bumbu, aduk rata. Pastikan tidak ada gumpalan.
  3. Nyalakan rice cooker, tunggu hingga nasi masak. Setelah tanda nasi matang menyala, nasi timbel pun siap disajikan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Bikin Nasi Timbel Pakai Rice Cooker, Cuma Perlu Tiga Langkah", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/25/090900275/cara-bikin-nasi-timbel-pakai-rice-cooker-cuma-perlu-tiga-langkah.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm