Juru Bicara GTPPC - 19 Babel Andi Budi Prayitno
Juru Bicara GTPPC - 19 Babel Andi Budi Prayitno ( SonoraBangka.id / Zulhaidir)

Hari Minggu ini, Pasien Positif dan Sembuh di Babel Nihil

28 Juni 2020 21:59 WIB

SonoraBangka.id -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merilis perkembangan kasus covid-19 di Babel, yakni tak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif baru dan tidak ada juga penambahan pasien sembuh pada hari ini (28/6).

"Kembali kami informasikan bahwa saat ini terkait kasus Covid-19, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada dalam tren yang baik, baik pengendalian maupun penanganannya. Hari ini tidak ada perubahan berarti dan spesifik dalam data kasus Covid-19," kata juru bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno, Minggu (28/6).

Kasus positif, secara kumulatif 149 orang, yang masih dalam perawatan saat ini 16 orang dan pasien yang dinyatakan sembuh atau bebas Covid-19 131 orang, sementara kasus meninggal 2 orang.

"Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 per hari ini (Minggu-red) adalah 89,26%," sebutnya.

Untuk itu, tim gugus dan tentunya masyarakat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama kepada tim medis, tenaga kesehatan, dokter, perawat, satgas penegakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, dan para relawan, yang sudah berjibaku, berjuang dengan tegar, serta merespon secara cepat dalam melakukan perawatan dan penanganan Covid-19.

Pria yang akrab disapa ABP ini menegaskan, terbjnti dengan tracking yang proaktif, tracing yang agresif, testing yang massif, serta treatment yang optimal, terukur, dan disiplin menjadikan mereka yang diisolasi dan menjalani perawatan di wisma karantina dalam waktu yang relatif cepat bisa sehat dan dinyatakan bebas Covid-19.

"Semangat optimisme dan positive thinking musti digelorakan, sebagaimana motto yang sakit harus sembuh, yang sehat harus tangguh," tegasnya.

Masyarakat Babel diingatkan untuk terus menjaga soliditas dan merawat solidaritas dalam ikhtiar bersama memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 maupun kesiapsiagaan menanggulangi pandemi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain komunikasi intens dan koordinasi lintas sektoral khususnya antar Kepala Daerah/Gugus Tugas, komitmen dan konsistensi kepemimpinan Kepala Daerah sebagai pimpinan Gugus Tugas di daerah adalah juga kunci penting dalam upaya penanggulangan ini, apalagi saat ini kita sedang berada di tengah situasi dan fase transisi menuju tatanan kehidupan baru (new normal life) yang produktif dan aman.

Sementara itu, untuk data OTG 3.017 (bertambah ️1), dalam proses pemantauan: 399 (berkurang 31), selesai pemantauan: 2618 (bertambah 32); ODP 1100 (bertambah 1), dalam proses pemantauan: 26 (bertambah 2), selesai pemantauan: 1074 dan
PDP125, dalam proses pengawasan: 17, selesai pengawasan: 108.

Kita tak boleh lengah, harus tetap awas, namun jangan pula panik berlebihan. Disiplinan diri dalam menerapkan Protokol Kesehatan (pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer) serta mempraktikkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah salah satu kunci pencegahan agar kita, keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat kita, serta masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak terpapar Covid-19," ingatnya.

SumberGtppc - 19 Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm