Pelek Ban Mobil Bekas(KOMPAS.com/Ruly)
Pelek Ban Mobil Bekas(KOMPAS.com/Ruly) ( kompas.com)

Tidak Bisa Sembarangan Ganti Ban Lebih Besar pada Mobil

3 Juli 2020 18:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Menukar pelek yang lebih besar dari standar biasanya turut mengganti ban. Untuk itu, kalau mengganti ban, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan, tidak bisa sembarangan.

Dikatakan Zulpata Zainal, Selaku On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengganti ukuran dan diameter pelek yang lebih besar harus sesuai dengan konversi dari bannya.

“ Dimensi ban yang baru harus mendekati ban aslinya agar performa, akselerasi, top speed, load index dan akurasi speedometer mendekati aslinya,” kata Zulpata saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Zulpata, kalau dimensi diameter bannya terlalu besar, ada kemungkinan ban akan bersentuhan dengan bodi, akurasi speedometer kacau, performa menjadi turun dan akselerasi jadi lambat.

“Misalnya ukuran standarnya 185/70 R14, ingin ganti pelek ukuran 15 inci. Konversi dari ukuran standar yaitu 185/65 R15 atau 195/60 R15, dua ukuran ini dimensinya mirip dengan ban bawaan tadi,” kata Zulpata.

Kalau mau memakai ban dengan tapak yang lebih lebar lagi, bisa diturunkan lagi aspec rationya. Misalnya dengan lebar 205, aspec rationya jadi 55 agar dimensinya tidak begitu jauh dengan yang standar tadi.

“Pakai ban lebih lebar, tinggal disikapi kemungkinan bersentuhan dengan suspensi. Tinggal pemilihan offset dari pelek atau fender mobil sedikit di-roll,” kata Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Ban Lebih Besar pada Mobil, Ada Aturannya", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/03/102200115/ganti-ban-lebih-besar-pada-mobil-ada-aturannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm