Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Ini Cara Aman Mengerem Saat Hujan, Bikers Wajib Tahu

4 Juli 2020 19:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Memasuki bulan Juli, kondisi cuaca beberapa daerah di Indonesia masih sering dilanda hujan deras.

Para pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor harus lebih hati-hati ketika sedang melaju di jalan yang licin.

Kewaspaadaan harus ditingkatkan, termasuk saat melakukan pengereman.p Pengendara wajib melakukan teknik dan cara yang benar agar aman serta tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Dilansir dari kompas.com, Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengungkapkan, hindari mengerem mendadak saat kondisi jalan licin.

“Ada kecenderungan saat mengerem secara mendadak dapat membuat pengendara di belakang kaget,” tutur Jusri belum lama ini.

“Selain itu mengerem terlalu dalam dan tiba-tiba dapat membuat motor tergelincir, terutama buat motor yang tidak dilengkapi rem ABS,” imbuhnya.

Jusri menambahkan, salah satu kunci mengerem pada kondisi jalan licin adalah dengan menggunakan rem depan dan belakang secara seimbang.

“Kalau bisa pengereman jangan bertumpu pada satu sisi saja. Pakai rem depan dan belakang bersamaan, tekan secara perlahan,” ujar Jusri.

Menurutnya, pengendara yang hanya menggunakan rem depan dapat membuat motor melintir.

Sementara jika hanya menggunakan rem belakang, motor bisa sliding.

“Kondisi hujan membuat jalan aspal maupun cor-coran beton menjadi licin, pengendara wajib menguasai teknik pengereman motor yang aman,” kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bikers Wajib Tahu, Begini Cara Ngerem yang Aman Saat Hujan", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/03/190100615/bikers-wajib-tahu-begini-cara-ngerem-yang-aman-saat-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm