Ilustrasi Cireng
Ilustrasi Cireng ( )

Dari Nasi Menjadi Cireng, Ini Resepnya.

6 Juli 2020 20:25 WIB

SonoraBangka.id - Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan.  Cireng adalah singkatan dari  aci goring.

Anda bisa mengolah bahan makanan apa yang dapat diubah jadi camilan enak  dengan bahan yang ada di dapur . Salah satunya anda juga bisa membuat cireng dari  nasi, baik yang sisa semalam atau masih baru yang  bisa diolah menjadi cireng nasi.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat cireng nasi di rumah untuk dijadikan camilan santai keluarga, anda bisa mencoba resep  praktis dari Executive Sous Chef Hotel Santika Bandung Fathul Abrar  berikut ini :

Bahan :

  • 200 gram nasi, tumbuk agar tidak kasar
  • 100 gram tepung aci atau tapioka
  • 2 batang daun bawang, atau sekitar 30 gram
  • 100 ml air
  • Garam, merica, dan minyak goreng secukupnya
  • Bawang putih goreng secukupnya, haluskan

Saus

  • 30 ml saus sambal asam pedas atau saus Bangkok
  • 10 ml kecap manis
  • Air panas secukupnya

Cara membuat cireng nasi

  1. Siapkan panci, campur semua bahan cireng. Panaskan sampai adonan lengket. Angkat adonan, sisihkan.
  2. Tambahkan tepung tapioka. Bentuk adonan bulat pipih layaknya bentuk cireng. Tepung tapioka digunakan untuk proses mencetak agar adonan tidak lengket.
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng. Goreng cireng dengan api sedang, agar cireng tetap putih dan tidak gosong.
  4. Saus cireng: campur semua bahan saus, aduk rata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Cireng Nasi, Camilan Malam yang Praktis dan Mudah Dibuat", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/06/171700275/resep-cireng-nasi-camilan-malam-yang-praktis-dan-mudah-dibuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm