Ilustrasi Pasta
Ilustrasi Pasta ( SHUTTERSTOCK )

4 Perbedaan Mie Dan Pasta Yang Harus Diketahui

9 Juli 2020 07:01 WIB

SonoraBangka.id - Mi dan pasta sebenarnya memiliki banyak perbedaan. Pada dasarnya mi dan pasta merupakan makanan sumber karbohidrat yang terbuat dari tepung terigu. Komposisi mi dan pasta, selain tepung terigu juga terbilang berbeda. Dilansir dari Chowhound dan Eatthis  berikut perbedaan mie dan pasta :

1. Daerah Asal

Kita dapat dengan mudah menemui mi di negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Mi berasal dari China,  pada perkembangannya mi dan budaya makan mi keluar dari China. Pasta konon terinspirasi dari mi di China yang dibawa oleh penjelajah sekaligus pedagang asal Italia, Marco Polo pada abad ke 13. Teori ini banyak dibantah orang lantaran pasta sudah ada sebelum Marco Polo ke China pada abad ke 13. Apalagi budaya makan mi di China jauh sudah ada sebelum abad ke 13. Dikutip dari PBS, para arkelolog mengatakan mi sudah dikonsumsi oleh orang Asia Tengah ribuan tahun lalu. Sangat mungkin mi dibawah oleh musafir ke Eropa sebelum Marco Polo.

2. Komposisi bahan baku

Komposisi bahan yang digunakan untuk membuat mi dan pasta memiliki perbedaan di antaranya:

  • Rasio Telur: Adonan mi selalu membutuhkan jumlah telur yang banyak, sedangkan adonan pasta membutuhkan telur dalam jumlah kecil atau bahkan tidak ditambahkan telur sama sekali.
  • Jenis Tepung: Adonan mi bisa dibuat dari berbagai jenis tepung yang berbeda tak harus terigu. Sementara adonan pasta bahan dasarnya adalah tepung terigu.

3. Jenis mi dan pasta

Pasta memiliki variasi lebih beragam dalam bentuk dan ukurannya, dengan demikian hidangan yang dapat dibuat pun akan lebih bervariasi. Sampai saat ini ada lebih dari tiga ratus bentuk pasta dengan nama yang lebih banyak lagi. Biasanya pasta dinamai berbeda antar daerah. Sedangkan mi pada dasarnya hanya terbatas pada bentuk mi klasik berupa helaian panjang seperti benang, walaupun ketebalannya bisa berbeda-beda.

4. Penyajian

Pasta baik segar maupun kering, umumnya dimasak dengan tekstur yang sama: al dente. Mi bervariasi dalam tekstur, ketebalan, dan bentuk. Mi asia dapat dibuat dengan nasi atau tepung terigu, kacang-kacangan, umbi, atau telur. Teksturnya bisa lunak, renyah, kenyal. Penggunaan bentuk atau tekstur mi biasanya tergantung pada jenis hidangannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Pasta dan Mi?", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/08/210900975/apa-bedanya-pasta-dan-mi-.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm