Lapis Taro ala Hotel Ciputra Jakarta
Lapis Taro ala Hotel Ciputra Jakarta ( Dok. Hotel Ciputra Jakarta)

Ini Cara Membuat Bolu Taro Kukus Oleh-Oleh Khas Bogor

11 Juli 2020 16:39 WIB

SonoraBangka.id - Kue bolu taro kukus  terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Kota Bogor lantaran ada banyak penjual talas di sana. Tak hanya warna nya yang cantik ternyata kue bolu lapis talas ungu atau taro kukus ini bisa menjadi  alternatif camilan untuk keluarga yang mudah dibikin di rumah.  Untuk membuatnya anda bisa mencoba resep bolu lapis taro ala Chef Anis Kurniawan dari Hotel Ciputra Jakarta . Berikut ini resep dan cara pembuatannya.

Bahan Bolu Lapis Taro

  • 9 buah telur
  • 500 gram gula kastor (gula halus)
  • 300 gram tepung kue
  • 75 gram susu bubuk
  • 75 gram kental manis
  • 6 gram baking powder
  • 200 gram santan
  • 10 gram vanilla essence
  • 4 gram garam
  • 20 gram pasta taro
  • 50 gram SP
  • 150 gram minyak sayur

Cara membuat Bolu Lapis Taro

  1. Panaskan kukusan lebih dahulu. Pastikan kukusan sudah panas saat kue lapis akan dimasukkan.
  2. Selanjutnya, untuk adonan siapkan standing mixer. Jika tak punya, bisa juga menggunakan hand mixer. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, tuang gula kastor ke dalamnya, tambahkan juga SP, vanilla essence, dan sedikit garam. “Usahakan membuat kue apa pun yang dikocok dengan mesin gulanya yang halus seperti ini. Kalau pakai gula biasa nanti hasilnya kurang maksimal,” kata Chef Anis.
  3. Kocok adonan telur tersebut menggunakan mixer kecepatan tinggi. Tunggu hingga adonan putih dan mengembang selama kurang lebih 10-15 menit.
  4. Jika adonan telur sudah berwarna putih, matikan mixer. Kemudian masukkan santan cair. Aduk dengan spatula karet agar adonan tak turun.
  5. Masukkan susu bubuk dan kental manis sambil terus diaduk perlahan. Sebaiknya aduk dengang cara aduk lipat atau folding.
  6. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk lipat agar adonan tidak turun. Hati-hati jangan sampai overwhipped atau terlalu lama mengaduk. Terakhir, masukkan minyak goreng. “Kalau dia overwhipped aduknya kelamaan, nanti adonannya turun. Aduknya perlahan-lahan saja,” tutur Chef Anis.
  7. Setelah itu, bagi dua adonan ke dalam dua mangkuk berbeda. Campurkan pasta taro ke dalam salah satu bagian adonan. Aduk rata.
  8. Siapkan loyang kue yang sudah dilapisi dengan minyak dan kertas baking sebelumnya.
  9. Ukuran loyang bisa bervariasi sesuai selera dan loyang ukuran atau bentuk apa yang kamu miliki di rumah.
  10. Tuang lebih dulu adonan yang polos yang tidak dicampur dengan pasta taro ke dalam loyang. 11. Kemudian masukkan ke dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 10 menit dengan api besar. Lapisan ini akan jadi lapisan pertama pada lapis taro.
  11. Setelah 10 menit, tuang adonan yang sudah diberi pasta taro ke atas lapisan pertama. Pastikan lapisan pertama bagian atasnya sudah cukup mengeras. Kukus dengan api sedang.
  12. Kukus kembali selama kurang lebih 20 menit. Jika dirasa sudah matang, angkat lapis taro dan tambahkan topping sesuai selera, bisa olesi dengan whipped cream dan taburi keju atau cokelat parut.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bolu Lapis Taro Kukus, Oleh-oleh Khas Bogor yang Mudah Dibikin ", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/11/140700075/resep-bolu-lapis-taro-kukus-oleh-oleh-khas-bogor-yang-mudah-dibikin-?page=all#page2.







Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm