Ilustrasi rias atau kecombrang.
Ilustrasi rias atau kecombrang. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

5 Bumbu Rempah Yang Menjadi Kunci Kelezatan Masakan Batak

14 Juli 2020 18:49 WIB

SonoraBangka.id - Dalam buku "Hidangan Halal Khas Dari Tano Batak" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo, terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, dijelaskan setidaknya ada 5 rempah khas untuk kuliner Batak. Rempah-rempah tersebut seperti andaliman, lokio, dan rias yang merupakan rahasia kelezatan masakan otentik khas Batak  Kuliner Batak biasanya dimasak menggunakan rempah-rempah khas tanah Toba.

1. Andaliman

Andaliman berbentuk bulatan kecil dan memiliki aroma jeruk yang lembuat tapi rasa pedasnya menggigit. Terdapat rasa mint yang khas dari andaliman. Rasa andaliman tidak memiliki sensasi pedas seperti cabai dan merica. Bumbu masak asli Sumatera Utara, andaliman ini memiliki aroma kuat dan rasa sangat khas. Menambahkan andaliman ke dalam masakan membuat cita rasa lebih otentik dan pedas yang menggigit. Bumbu ini di Indonesia dikenal untuk menjadi bahan makanan masakan Batak. Banyak orang menyebutnya sebagai "merica Batak".

2. Jeruk jungga

Sajian ini sering digunakan oleh santapan nanaiura. Selain untuk memasak, bahan ini dulunya juga untuk mandi dan dipercaya sebagai bumbu yang membersihkan jiwa sebelum masuk ke dalam tempat yang disakralkan. Jeruk ini memiliki cita rasa seperti jeruk nipis, tapi rasa asam pada jeruk jungga lebih asam dari pada jeruk nipis. Kulit dari jeruk jungga memiliki tekstur yang tidak halus tapi berkerut. Bulir dari jeruk jungga juga lebih besar dari jeruk nipis.

3. Lokio

Bahan makanan ini cocok digunakan sebagai pelengkap asinan, dicampur dalam tumisan dan bahan untuk memasak sajian laut.  Lokio atau yang sering disebut bawang Batak, bentuknya  serupa dengan daun bawang namun bagian umbinya lebih berbentuk bulat. Bawang ini diyakini berasal dari daratan China. Biasanya dipakai bagian umbinya, bagian tersebut memiliki bau yang harum namun cita rasanya tidak terlalu kuat.

4. Rias

Tanaman ini mirip dengan jahe, tapi bunganya berwarna merah muda.  Di Sumatera Utara dikenal dengan rias dan Pulau Jawa terkenal dengan sebutan kecombrang. Bunga ini banyak dipakai dalam berbagai masakan Nusantara bukan hanya di Batak. Di beberapa tempat, buat tanaman ini yang mirip nanas juga dipakai sebagai pemberi rasa asam.

5. Asam Gelugur

Bahan makanan ini adalah pohon hijau abadi yang dimanfaatkan untuk bumbu masak dan bahan pengobatan. Asam gelugur berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sebagai bumbu, buahnya yang dipotong dan dikeringkan dimanfaatkan sebagai pemberi rasa asam pada sejumlah masakan terutama dari Sumatera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rahasia Kelezatan Kuliner Khas Batak, Pakai 5 Rempah Ini", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/14/163000075/rahasia-kelezatan-kuliner-khas-batak-pakai-5-rempah-ini?page=all#page2.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm