Ilustrasi
Ilustrasi ( Recipetineats.com)

Agar Lumpia Renyah Dan Tidak Lembek, Ini Caranya

14 Juli 2020 20:17 WIB

SonoraBangka.id - Camilan yang paling enak jika dimakan dalam keadaan panas salah satunya adalah lumpia. Lumpia begitu dingin, kulitnya langsung jadi lembek dan tidak kriuk lagi dan akan mengurangi cita rasanya jika  digoreng kembali. Berikut ini tips lumpia agar renyah dan tahan lama.

1. Isian terlalu basah

Jika isian terlalu basah, bukan tidak mungkin kulitnya juga ikut basah. Isian lumpia biasanya bertekstur basah. Hal ini membuat isiannya cukup mudah menyerap cairan atau minyak. Cara mengatasinya  adalah  dengan  mengurangi  minyak saat menumis isian lumpia. Tumis isian hingga airnya benar-benar surut, tapi jangan terlalu lama. Kalau terlalu lama, tekstur isian bisa lembek dan tidak menarik. Kalau isian dirasa sudah matang tapi cairannya belum surut, kita bisa membuang cairannya dan meniriskan isian.

2. Kulit yang basah

Kulit yang basah bisa menghasilkan lumpia yang lembek. Nah, biasanya meski kita sudah meniriskan isian, terkadang masih ada saja cairan yang terkandung di dalamnya. Hal ini bisa membuat kulit jadi basah. Supaya lebih aman, gandakan kulit lumpia jadi dua lembar. Dengan begini, kulit lumpia tidak akan jadi lembek.

3. Minyak kurang panas

Kita harus menggunakan minyak yang benar-benar panas dalam menggoreng lumpia,. Hal ini dilakukan supaya kita hanya menggoreng lumpia dalam waktu yang singkat. Soalnya isian lumpia sudah matang dan kita hanya perlu mematangkan kulit lumpia. Kalau lumpia dimasak dalam minyak yang kurang panas, lumpia akan terendam pada minyak terlalu lama. Itu bisa membuat lumpia jadi lembek setelah digoreng.

4. Tidak ditiriskan dengan baik

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah proses meniriskan lumpia. Biasanya kita hanya meletakkan lumpia begitu saja setelah ditiriskan. Padahal lumpia harus dialasi dengan tisu dapur dan diposisikan berdiri. Dengan begitu, minyak akan tiris dengan benar dan tidak mengendap pada lumpia. Itu dia tips lumpia renyah tahan lama.



Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul 4 Tips Bikin Lumpia Renyah dan Tidak Lembek meski Sudah Dingin, https://bali.tribunnews.com/2020/07/12/4-tips-bikin-lumpia-renyah-dan-tidak-lembek-meski-sudah-dingin?page=3.





Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm