Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Benarkah Banyak Berdiri Di Tempat Kerja Lebih Sehat Ketimbang Duduk ?

18 Juli 2020 15:51 WIB

SonoraBangka.id - Duduk terlalu lama berjam-jam dapat berakibat buruk bagi kesehatan diri. Berlama-lama duduk dapat memicu kita untuk terus makan hingga tak sadar berat badan sudah bertambah banyak. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko obesitas atau berat badan berlebih, terlebih lagi jika kita tidak mengimbanginya dengan olahraga teratur. 

Seperti  studi yang diterbitkan di acpjournals.org, kita berisiko mengalami gangguan kesehatan jika duduk terlalu lama saat bekerja. Risiko itu antara lain obesitas atau kegemukan, penyakit jantung, diabetes, serta kanker.

Studi yang sama menunjukkan, lebih banyak berdiri dan bergerak saat bekerja akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Studi ini melibatkan lebih dari 300 pekerja di Denmark, dan dibagi ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta lebih banyak berdiri dan duduk lebih sedikit. Mereka disarankan menggunakan meja berdiri dan meja rapat berdiri. Sedangkan, kelompok kedua diminta untuk bekerja seperti biasa.

Di kelompok pertama, terjadi pengurangan waktu duduk di tempat kerja 71 menit dalam satu bulan dan 48 menit pada tiga bulan.

"Mereka tidak menurunkan berat badan, tetapi mereka membangun lebih banyak otot dan kehilangan sedikit lemak," kata pakar kesehatan Michael Roizen, MD, yang mengomentari penelitian ini. "Itu adalah hal yang baik untuk kesehatan jangka panjang kita."

Peningkatan otot dan kehilangan lemak pada kelompok pertama tergolong minimal, tetapi relatif signifikan secara statistik. Namun di sisi lain, pertambahan otot dan lemak tubuh kelompok kedua tidak mengalami perubahan. Dalam studi ini, hanya dengan berdiri dapat memperbaiki gula darah dan kolesterol, kata Dr. Roizen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm