Ilustrasi suplemen vitamin kunyah
Ilustrasi suplemen vitamin kunyah ( Shutterstock )

Hati – Hati Keseringan Mengkonsumsi Vitamin Kunyah, Ada Efek Sampingnya !

19 Juli 2020 16:01 WIB

 

SonoraBangka.id - Kamu pernah makan vitamin kunyah? Belakangan, vitamin kunyah makin, tidak hanya di kalangan anak-anak tetapi juga orang dewasa. Kabarnya, pasar vitamin kunyah 80 persen justru meliputi konsumen dewasa.

Kebanyakan orang memilih vitamin kunyah karena malas mengonsumsi suplemen dalam bentuk pil atau tablet. Vitamin kunyah juga menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan menelan pil, terlebih rasanya lebih enak.

Tetapi jangan salah mengira, meskipun rasanya enak dan manis, vitamin kunyah (gummy vitamin) bukanlah permen dan tak boleh berlebihan. Vitamin dalam bentuk gummy sengaja dibuat agar mengonsumsi vitamin menjadi hal yang menyenangkan, khususnya untuk anak-anak. Menelan vitamin ini juga lebih gampang ketimbang pil atau tablet.

Menurut ahli gizi Malina Linkas Malkani, juru bicara media untuk Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang umumnya mengasup makanan bergizi seimbang tidak perlu mengonsumsi multivitamin harian. Karena, mengonsumsi suplemen vitamin lebih dari jumlah nutrisi tertentu yang direkomendasikan setiap hari bisa menyebabkan keracunan.

Vitamin yang perlu dikhawatirkan adalah jenis yang larut dalam lemak: Vitamin A, D, E, dan K.  Vitamin ini sedikit lebih susah dicerna dan diserap, rubuh sehingga nutrisi ini dapat menumpuk di organ dan jaringan tubuh, jelas ahli diet terdaftar Ali Webster, PhD.

"Konsumsi dosis tinggi nutrisi ini dalam jangka waktu yang singkat dapat menyebabkan masalah yang berkisar dari sakit perut hingga rawat inap karena keracunan vitamin," kata Webster yang juga direktur asosiasi komunikasi nutrisi untuk International Food Information Council Foundation.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm