Talkshow tentang Operasi Patuh Menumbing 2020 bersama Ditlantas Polda Babel di Radio Sonora Bangka
Talkshow tentang Operasi Patuh Menumbing 2020 bersama Ditlantas Polda Babel di Radio Sonora Bangka ( FB: Lantas Polda Babel)

Hari Ini Operasi Patuh Menumbing 2020 Dimulai, Ini Sasaran Prioritasnya

23 Juli 2020 09:22 WIB

SonoraBangka.ID - Operasi Patuh Menumbing 2020 mulai digelar hari ini, Kamis (23/07/2020).

Penegakkan hukum terkait ketertiban berlalu lintas ini akan dilaksanakan oleh pihak kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia hingga tanggal 5 Agustus 2020 mendatang.

Pihak kepolisian, termasuk Ditlantas Polda Babel telah melakukan berbagai upaya sosialisasi terlebih dulu, sebelum operasi resmi dilakukan pada hari ini.

Kasi Laka Ditlantas Polda Babel, AKP Diana mengatakan, pelaksaan operasi patuh ini bukan hanya gelar Ditlantas Polda Babel, namun juga akan dilaksankan oleh Satlantas yang ada di Kabupaten/ Kota secara serentak.

Baca Juga: Operasi Patuh Menumbing 2020, Satlantas Polres Pangkalpinang Tilang 50 Kendaraan Di Hari Pertama

"Operasi Patuh ini lebih ditekankan kepada penegakan hukum. Sebutannya patuh, patuh berarti kita harus mentaati aturan hukum, karena lalu lintas yang melaksanakan, mentaati aturan hukum berlalu lintas," kata AKP Diana saat Talkshow bersama Radio Sonora Bangka.

Seperti diketahui, sosialisasi Operasi Menumbing 2020 dilakukan oleh Ditlantas Polda Babel melalui berbagai media, di antaranya media cetak dan siaran stasiun radio di daerah.

Sementara itu, Dirlantas Polda Babel, Kombes Pol Hindarsono, SIK. M.Hum, menuturkan, Operasi Patuh Menumbing 2020 dilaksanakan serentak ditengah kondisi pandemi Covid-19, sehingga pihaknya mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas sekaligus patuh terhadap protokol kesehatan.

"Dalam Operasi Patuh Menumbing ini selain mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas, kita juga mengajak masyarakat untuk tertib dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19," kata Dirlantas Polda Babel saat Talkshow di Radio Sonora Bangka, Selasa (21/7/2020).

Kombes Pol Hindarsono juga mengatakan, sebelum melaksanakan Operasi Patuh Menumbing 2020 ini, pihaknya sudah mengawali kegiatan operasi dengan sasaran pengguna knalpot racing karena suaranya mengganggu dan meresahkan masyarakat. 

"Yang utama adalah knalpot, knalpot sudah kita amankan 2000 knalpot. Knalpot ini kan mengganggu, pertama orang ibadah, kedua mengganggu orang sakit di rumah sakit dan yang ketiga adik-adik bayi kecil dengar knalpot nangis," kata Kombes Pol Hindarsono.

Terkait sasaran yang menjadi prioritas dalam Operasi Patuh Menumbing 2020 ini, pihaknya menyebutkan ada sejumlah sasaran, meliputi: melawan arus, terobos lampu merah, anak dibawah umur, bak terbuka untuk muat orang, menggunakan HP saat berkendara, kebut-kebutan, kendaraan berhenti tidak pada tempatnya, melebihi batas kecepatan, kelebihan muatan, boncengan lebih dari satu orang, mengemudi dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan helm SNI, sabuk pengaman, kelengkapan kendaraan, kelangkapan SIM dan STNK, lampu utama dan lampu belakang, penggunaan rotator dan sirine.

Menurutnya, tujuan Operasi Patuh Menumbing 2020 bertujuan untuk menimalisir kecelakaan di jalan raya, menertibkan pelanggaran lalulintas dan mengajak msayrakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Yang terpenting, mari kita ciptakan lalu lintas yang aman nyaman dan tertib di wilayah Kepulauan Bangka Belitung," pungkas Kombes Pol Hindarsono.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm